Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pembelajaran Tematik Materi Pertumbuhan Perkembangan dan Metamorfosis Hewan di MI Islamiyah Sumber Rembang Tahun Pelajaran 2022/2023

Nikmah, Ika Nia Sakinatun (2023) Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pembelajaran Tematik Materi Pertumbuhan Perkembangan dan Metamorfosis Hewan di MI Islamiyah Sumber Rembang Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (345kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (522kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (534kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (572kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (361kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu : Pertama, Untuk mengetahui efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar dikelas kontrol. Kedua, Untuk mengetahui efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar dikelas eksperimen. Ketiga, Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen pada pembelajaran tematik materi pertumbuhan perkembangan dan metamorfosis hewan di MI Islamiyah Sumber Rembang. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kuantitatif dengan bentuk metode quasy eksperimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu, Pretest Posttest nonequivalent Control Group Design.Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV MI Islamiyah Sumber Rembang. Ada juga teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dikelas kontrol berlangsung secara kondusif, efektif, dan menyenangkan. Siswa sangat antusias dalam memperhatikan guru saat pendemonstrasian media dan aktif dalam kegiatan tanya jawab. Mereka sangat antusias selama pembelajaran, mempunyai rasa keingintahuan mengenai materi yang tinggi serta kegiatan praktik (psikomotorik) berjalan dengan baik dan lancar. Berbeda pada kelas eksperimen berlangsung cukup kondusif, efektif, dan menyenangkan namun cenderung pendiam. Hasil belajar pada kelas kontrol diperoleh dengan rata-rata saat pre-test ialah 51, 00dan saat post-test ialah 69,45. Kelas eskperimen diperoleh hasil belajar dengan rata-rata saat pre-test 49,82 sedangkan rata-rata post-test 68,23. Hasil belajar menggunakan metode demonstrasi terdapat efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV baik dikelas kontrol maupun kelas eksperimen saat pembelajaran tematik materi pertumbuhan perkembangan dan metamorfosis hewan. Sesuai ketentuan pengujian hipotesis pada penelitian dihasilkan thitung ≤ ttabel = 0,000 < 0,05. Maka ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar di kelas kontrol maupun kelas eksperimen, maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 03:50
Last Modified: 22 Oct 2023 03:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item View Item