Pengaruh Pengunaan Metode Make A Match Terhadap Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadis di MTs Ma’ahid Kudus

Fauchah, Alfi Zahrotul (2023) Pengaruh Pengunaan Metode Make A Match Terhadap Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadis di MTs Ma’ahid Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (883kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (528kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (431kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (569kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

Metode pembelajaran sangat berpengaruh terhadap daya serap siswa.. Metode make a match adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pembelajaran Al-Qur’an hadis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejenuhan siswa dengan pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga menimbulkan hanya guru yang aktif sebaliknya partisipan peserta didik cenderung pasif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penggunaan metode make a match, bagaimana tingkat daya serap siswa kelas VIII di MTs Ma’ahid Kudus dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode make a match terhadap daya serap siswa di MTs Ma’ahid kudus. Metode penelitian yang akan dilakukan adalah metode eksperimen yang berdesain “Pretest-Posttest Control Group Design” dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, tes dan wawancara. Berdasarkan penelitian bahwa pelaksanaan penggunaan metode make a match dalam belajar dilaksanakan dengan setting kelas dengan total 30 peserta didik, kegiatan penelitian tersebut dilakukan di kelas VIII A. Ilustrasi pelaksanaan kegiatan penggunaan metode make a match antara lain Kegiatan Pretest diberikan kepada seluruh siswa kelas. Hasil postest tingkat daya serap belajar peserta didik pada kelompok eksperimen dapat dilihat hasil rata-rata sebesar 77% sedangkan pada kelompok kontrol hasil rata-rata sebesar 83%. Hasil posttest menunjukan bahwa keduanya mengalami peningkatan kelompok eksperimen tingkat peningkatan lebih rendah dari kelompok kontrol. Pengaruh penggunaan metode make a match terhadap daya serap Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an hadis di MTs Ma’ahid Kudus pada kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata tingkat daya serap belajar siswa dengan jumlah responden 30 siswa mempunyai mean sebesar 83.16 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol mempunyai mean sebesar 77.37. Pada kelas eksperimen dengan jumlah responden 30 siswa memiliki mean 9.333 nilai T hitung 5.234 sedangkan T tabel 2.045 dengan taraf signifikan 0.05 atau 5%. berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa T hitung ≥ T tabel jadi Ho ditolak dan Ha di terima. Maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan antara kelas eksperimen dengan menggunakan metode make a match dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional atau metode ceramah itu artinya ada pengaruh penggunaan metode make a match terhadap daya serap belajar siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an hadis di MTs Ma’ahid Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufid, FathulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Make A Match, Daya Serap Siswa, Al-Qur’an Hadis
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:08
Last Modified: 22 Oct 2023 04:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item View Item