Rizal, M. Yanuar (2023) Integrasi Social Emotional Skills dalam Pembelajaran PAI di SMP IT Al-Islam Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (364kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (471kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (572kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (310kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (643kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (318kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) untuk menemukan dan mendeskripsikan konsep intergrasi SES dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Islam Kudus; 2) untuk menemukan dan mendeskripsikan implementasi integrasi SES dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Islam Kudus. 3) untuk menemukan dan mendeskripsikan dampak integrasi SES dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Islam Kudus. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian naturalistik dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan pengkajian dokumen. Subjek pada penelitian ini, yaitu guru PAI, kepala sekolah, dan waka kurikulum selaku pihak sekolah. Teknik analisis data digunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Integrasi SES dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Islam Kudus, didefinisikan sebagai perpaduan nilai-nilai SES yang diinternalisasikan ke dalam pembelajaran PAI. Tujuannya, untuk membekali siswa dengan SES dan membantu siswa memahami nilai-nilai moral dan etika dalam Islam, melalui pembelajaran PAI yang bermakna. Karakteristik integrasi SES dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Islam, memiliki perpaduan nilai-nilai SES dan agama Islam, inklusif, holistik, berorientasi pada hasil, terintegrasi dengan pelajaran lain, berpusat pada siswa, memiliki desain pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan .2) Implementasi integrasi SES dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Islam Kudus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan setiap mata pelajaran, termasuk mata pelajaran PAI harus terdapat 5 domain SES. Pada tahap pelaksanaan, dilakukan melalui pendekatan pembelajaran yang responsive terhadap kebutuhan siswa, menggunakan metode yang bervariasi. Pada tahap evaluasi, proses penilaian dilakukan melalui intrumen penilaian terdapat alat ukur untuk menilai domain SES yang prioritaskan. 3) Dampak integrasi SES dalam pembelajaran PAI di SMP IT Al-Islam Kudus terletak pada proses pembelajaran PAI, perilaku siswa dan prestasi siswa. Dampak terhadap proses pembelajaran PAI yaitu membantu siswa memahami agama dengan cara yang lebih mendalam. Selanjutnya, dampak terhadap perilaku siswa yaitu membantu meningkatkan keterampilan sosial dan emosional siswa. Adapun, dampak terhadap prestasi siswa yaitu meningkatnya motivasi siswa untuk belajar, sehingga akademik maupun non-akademik siswa mengalami peningkatan kearah yang positif
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Integrasi, Social Emotional Skills, PAI | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 04:10 | |||||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 04:10 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11252 |
Actions (login required)
View Item |