Haq, Mohammad Izzul (2023) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Sistem Transaksi Cash On Delivery (COD) (Studi Kasus di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (138kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (69kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (256kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (553kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (163kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (311kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (142kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (203kB) |
Abstract
Jual beli dengan menggunakan sistem Cash On Delivery (COD) sangatlah praktis, dimana penjual dan konsumen bisa bertransaksi tanpa harus bertemu langsung. Disamping praktisnya sistem COD ini, seringkali konsumen dirugikan terhadap barang yang dipesan tidak sesuai pesanan atau cacat. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan agar konsumen mendapatkan perlindungan dari kejahatan-kejahatan transaksi dengan sistem COD. Penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan dua cara yaitu wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan penggunaan bahan referensi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen dalam sistem transaksi Cash On Delivery yang ditinjau dari fatwa dewan syariah nasional nomor 05/DSNMUI/IV/2000 tentang akad salam, apabila konsumen merasa dirugikan akibat transaksi tersebut, maka konsumen memiliki dua pilihan, yaitu membatalkan kontrak, atau menunggu barang pesanan sampai tersedia. Jikalau masih terjadi perselisihan antara penjual dan konsumen bisa diselesaikan di BASYARNAS. Perlindungan yang diberikan oleh jasa expedisi dan fatwa dewan syariah nasional tujuannya sama yaitu agar konsuimen mendapatkan jaminan kepastian hukum, memberikan keamanan dan keselamatan, perbedaannya terletak dalam proses tahapan mendapatkan jaminan kepastian hukum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | pelindungan konsumen, cash on delivery (cod), fatwa dewan syariah nasional | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 340 Hukum | ||||||
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 04:31 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 04:31 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11272 |
Actions (login required)
View Item |