Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Sistem Transaksi Cash On Delivery (COD) (Studi Kasus di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak).

Haq, Mohammad Izzul (2023) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Sistem Transaksi Cash On Delivery (COD) (Studi Kasus di Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (138kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (69kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (553kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (163kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (311kB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (203kB)

Abstract

Jual beli dengan menggunakan sistem Cash On Delivery (COD) sangatlah praktis, dimana penjual dan konsumen bisa bertransaksi tanpa harus bertemu langsung. Disamping praktisnya sistem COD ini, seringkali konsumen dirugikan terhadap barang yang dipesan tidak sesuai pesanan atau cacat. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan agar konsumen mendapatkan perlindungan dari kejahatan-kejahatan transaksi dengan sistem COD. Penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan dua cara yaitu wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan penggunaan bahan referensi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen dalam sistem transaksi Cash On Delivery yang ditinjau dari fatwa dewan syariah nasional nomor 05/DSNMUI/IV/2000 tentang akad salam, apabila konsumen merasa dirugikan akibat transaksi tersebut, maka konsumen memiliki dua pilihan, yaitu membatalkan kontrak, atau menunggu barang pesanan sampai tersedia. Jikalau masih terjadi perselisihan antara penjual dan konsumen bisa diselesaikan di BASYARNAS. Perlindungan yang diberikan oleh jasa expedisi dan fatwa dewan syariah nasional tujuannya sama yaitu agar konsuimen mendapatkan jaminan kepastian hukum, memberikan keamanan dan keselamatan, perbedaannya terletak dalam proses tahapan mendapatkan jaminan kepastian hukum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSujiman, Mohammad ZubaidiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pelindungan konsumen, cash on delivery (cod), fatwa dewan syariah nasional
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 340 Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:31
Last Modified: 22 Oct 2023 04:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item View Item