PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTS NU AL-HIDAYAH GETASSRABI GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2016-2017

Shofa, M. Nailash (2017) PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTS NU AL-HIDAYAH GETASSRABI GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2016-2017. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
File 1= Cover.pdf

Download (7MB)
[img] Text
File 2=ABSTRAK.pdf

Download (13MB)
[img] Text
File 3= DAFTAR ISI, Tabel, Gambar.pdf

Download (6MB)
[img] Text
File 4= BAB I shofa.pdf

Download (8MB)
[img] Text
File 5= BAB II shofa.pdf

Download (7MB)
[img] Text
File 6= BAB III shofa.pdf

Download (6MB)
[img] Text
File 7= BAB IV shofa.pdf

Download (7MB)
[img] Text
File 8= BAB V shofa.pdf

Download (6MB)
[img] Text
File 9= DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud menjelaskan secara nyata dari realitas penanaman pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun ajaran 2016-2017. Tujuan dalam penelitian ini dijabarkan sebagai berikut; 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun ajaran 2016-2017, 2) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun ajaran 2016-2017, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun ajaran 2016-2017, 4) Untuk mengetahui manfaat pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun ajaran 2016-2017. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan trianggulasi. Metode analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, konsep pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di MTs NU al-Hidayah dengan dua pendekatan, yaitu dengan membuat tatatertib dan target hafalan. Kedua, implementasi pendidikan karakter di MTs NU al-Hidayah dapat dilakukan melalui dua hal, yakni kegiatan akademik dan kegiatan ekstrakurikuler. Ketiga, faktor pendukung pelaksaan pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di MTs NU al-Hidayah ada dua, yaitu faktor internal seperti kesehatan, intelegensi, dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal seperti keluarga, model pembelajaran, sumber daya manusia, dan sumber dana. Faktor penghambat pelaksaan pendidikan karakter pada program tahfidz al-Qur’an di MTs NU al-Hidayah ada dua, yaitu faktor internal seperti kelelahan, dan tidak istiqomah. Sedangkan faktor eksternalnya antara lain, biaya, Orang tua tidak hafidz al-Qur’an, lingkungan, dan guru tidak sarjana. Keempat, manfaat Pendidikan Karakter pada Program Tahfidz al-Qur’an di MTs NU al-Hidayah bagi madrasah adalah menambah kuantitas peningkatan jumlah calon peserta didik, serta dapat mengikuti kegiatan lomba. Manfaat bagi santri adalah dapat menjauhkan diri dari maksiat dan perbuatan tercela, serta fasih dalam membaca al-Qur’an. Manfaat bagi masyarakat dapat mengajarkan al-Qur’an kepada masyarakat sekitar. Manfaat bagi pemerintah yaitu mensukseskan program beasiswa untuk hafidz al-Qur’an yang akan masuk ke Perguruan Tinggi. This study intends to explain at the real of character education teaching reality at the Tahfidz Qur'an program in MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus period 2016-2017. The purpose of this study is described as follows; 1) To know the concept of character education at the Tahfidz Qur'an program in MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Period 2016-2017, 2) To know the implementation of character education at the Tahfidz Qur'an program in MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Period 2016-2017, 3) To know the supporting factors and obstacle factors of character education at the Tahfidz Qur'an program in MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Period 2016-2017, 4) To know the benefits of character education at the Tahfidz Qur'an program in MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Period 2016-2017. This study is a field survey with a qualitative approach. Collecting data uses interviews, observation, documentation and triangulation. The Method of data analysis uses method developed by Miles and Huberman with three steps, namely data reduction, data presentation, conclusion and verification. As the location of this study is in MTs NU al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. From the data analysis can be discovered the study results as follows: The first, the concept of character education at the Tahfidz Qur'an program in MTs NU al-Hidayah uses two approaches, namely by establishing regulation and memorization target. The second, the development of character education in MTs NU al-Hidayah can be implemented in two ways, namely by academic activities and extracurricular activities. The third, there are two factors which support the implementation of character education at Tahfidz Qur'an program in MTs NU al-Hidayah, namely internal factors such as health, intelligence, and motivation. While external factors such as family, learning model, human resources, and financial resources. There are two factors which hamper the implementation of character education at Tahfidz Qur'an program in MTs NU al-Hidayah, namely internal factors such as fatigue, and inconsistency. While external factors such as, costs, the parents who are not Hafidz al-Qur'an, environment, and the teachers who are not scholars. The fourth, the benefits of Character Education at Tahfidz Qur'an Program in MTs NU al-Hidayah for madrasah is to increase the quantity of candidat student and can take part in a competition. The benefits for students are able to avoid immorality and misconduct, as well as getting fluent in reading the Holy Qur’an. The benefit for society is the students can teach the society around them. The benefit for the government is successing scholarship program for hafidz Qur'an who will join a University.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Program Tahfidz al-Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 May 2017 08:07
Last Modified: 31 May 2017 08:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item