Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Tipe Means Ends Analysis (MEA) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis di MA Ma’ahid

Luqyana, Nurin Afifatul (2023) Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Tipe Means Ends Analysis (MEA) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis di MA Ma’ahid. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (827kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis, 2) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Means Ends Analysis (MEA) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis, dan 3) membandingkan efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan MEA dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling purposive dan diambil kelas XI di MA Ma’ahid Kudus yaitu kelas Eksperimen 1 yang diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan kelas Eksperimen 2 yang diterapkan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Pengambilan dua kelas eksperimen tersebut merupakan kelas yang homogen. Hasil analisis penelitian ini diperoleh: 1) Dari hasil analisis hipotesis 1 dengan uji Wilcoxon Signed Ranks diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Artinya, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dengan persentase peningkatan sebesar 73,76%, 2) Dari hasil analisis hipotesis 2 dengan uji Wilcoxon Signed Ranks diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002<0,05. Artinya, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif Means Ends Analysis (MEA) dengan persentase peningkatan sebesar 51,51%, 3) Dari hasil analisis hipotesis 3 dengan uji Mann Whitney U diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,017<0,025. Artinya, terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe MEA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFakhriyana, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis matematis, model pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Means Ends Analysis (MEA)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 06:25
Last Modified: 22 Oct 2023 06:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item View Item