Pengembangan E-LKPD Berbasis Open-ended Berbantuan Liveworksheets pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII MTs

Mubarrok, Azimatul (2023) Pengembangan E-LKPD Berbasis Open-ended Berbantuan Liveworksheets pada Materi Segiempat dan Segitiga untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)

Abstract

PISA (Programme for International Student Assessment) melakukan suatu survei bertaraf internasional pada tahun 2014, dari penilaian kemampuan literasi matematika Indonesia berada pada rangking 61 dari 65 negara yang mengikuti. Problem tersebut terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah rendahnya kemampuan siswa berpikir kreatif. Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat dilakukan beberapa cara salah satunya adalah melalui pengembangan bahan ajar berupa E-LKPD yang disusun berbasis pendekatan open-ended. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan E-LKPD berbasis open-ended, untuk mengetahui bagaimana kelayakan serta kepraktisan E-LKPD berbasis open-ended, dan untuk menilai kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan E-LKPD berbasis open-ended. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan bahan ajar berupa E-LKPD berbasis open-ended berbantuan liveworksheets pada prosesnya menggunakan model pengembangan ADDIE yakni analyze, design, development, implementation, dan tahap evaluation. (2) E-LKPD yang dihasilkan dikategorikan layak, dengan perolehan rata-rata presentase sebesar 85,5%. (3) Kepraktisan E-LKPD diperoleh dari angket respon pengguna, memperoleh presentase total seluruh aspek sebesar 81% dengan kriteria sangat praktis. (4) Kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan E-LKPD berbasis open-ended yang dikembangkan berada pada kategori kreatif, dengan rincian 11 peserta didik pada kategori “sangat kreatif”, dan 15 peserta didik pada kategori “kreatif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuni, Fina TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Open-ended, Liveworksheets, Segiempat dan Segitiga, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:07
Last Modified: 22 Oct 2023 07:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11325

Actions (login required)

View Item View Item