Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Flashcard Kelas III MI NU Miftahul Huda 01 Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023

Khoirina, Faza Nuril Ulya (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Media Flashcard Kelas III MI NU Miftahul Huda 01 Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (998kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (550kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (301kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (519kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

Di Madrasah pada umumnya banyak guru yang mengajar hanya dengan metode ceramah, tanya jawab dan itupun tanpa didukung dengan media yang menarik perhatian siswa, terutama pada pembelajaran Matematika. Guru terlalu sering melakukan pembelajaran yang monoton tanpa ada media pembantu. Tak jarang hal ini membuat siswa menjadi merasa kesulitan dalam memahami dan mempelajari Matematika, sehingga siswa menjadi pasif di dalam kelas dan bahkan nilai yang didapatkan menjadi rendah. Salah satu usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi hasil belajar siswa yang rendah adalah dengan menggunakan media pendukung dalam pembelajaran. Pada pembelajaran Matematika di MI NU Miftahul Huda 01 Kudus, guru menggunakan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah, yaitu dengan membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan nyaman bagi siswa sehingga siswa mampu mengikuti pelajaran dengan mudah memahami dan mempelajari materi pembelajaran yang sedang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana proses perencanaan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media flashcard pada mata pelajaran Matematika kelas III di MI NU Miftahul Huda 01 Kudus?; (2) Bagaimana proses pelaksanaan guru dalam menerapkan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas III di MI NU Miftahul Huda 01 Kudus?; (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dari penerapan media flashcard pada mata pelajaran Matematika kelas III di MI NU Miftahul Huda 01 Kudus?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara observasi di lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengam cara menggunakan teknik induktif, yaitu metode yang pembahasannya dimulai dari kaidah-kaidah yang bersifat khusus agar diperoleh kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menyimpulkaan: Pertama, sebelum melakukan kegiatan pembelajaran guru terlebih dahulu menyiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan seperti silabus dan RPP. Kedua, pelaksanaan pembelajaran menggunakan media flashcard pada mata pelajaran Matematika melalui tiga tahap yaitu pendahuluan, inti, penutup. Ketiga, Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media flashcard berjalan dengan baik, menekankan pemahaman diri siswa dan mengatasi kesulitan belajar siswa, serta peningkatan hasil belajar siswa meningkat sesuai hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media, Flashcard, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:22
Last Modified: 22 Oct 2023 07:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11333

Actions (login required)

View Item View Item