Dimam, Ishlahud (2023) Pengaruh Service Quality, Compatibility, dan Perceived Risk Terhadap Intention of Use Generasi Milenial pada Layanan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia dalam Transaksi E-Commerce di Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (69kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (334kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (394kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (305kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (506kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
Abstract
Masyarakat Indonesia dari kalangan generasi milenial memiliki kebiasaan baru dalam sektor bisnis berbasis e-commerce yang mampu mendorong minat penggunaan layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI Mobile) sebagai metode pembayaran dalam transaksi berbelanja secara online di platform e-commerce yang dibuktikan dengan adanya peningkatan fee based income yang diperoleh oleh Bank Syariah Indonesia melalui transaksi tersebut. Namun, terdapat temuan yang menyatakan bahwa dalam transaksi e-commerce, masyarakat lebih cenderung menggunakan sistem pembayaran Cash on Delivery (COD) karena dinilai memiliki keunggulan dari segi kualitas dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya serta minimnya potensi kerugian yang akan dialami di masa mendatang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh service quality, compatibiity, dan perceived risk terhadap intention of use generasi milenial pada layanan BSI Mobile dalam transaksi e-commerce di Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil yaitu generasi milenial pengguna layanan BSI Mobile dan pernah atau sering melakukan transaksi pembelian melalui e-commerce yang berdomisili di Kabupaten Kudus dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM Statistics SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel service quality memiliki pengaruh dan hubungan positif terhadap intention of use generasi milenial pada layanan BSI Mobile dalam transaksi e-commerce di Kabupaten Kudus. Variabel compatibility memiliki pengaruh dan hubungan positif terhadap intention of use generasi milenial pada layanan BSI Mobile dalam transaksi e-commerce di Kabupaten Kudus. Variabel perceived risk memiliki pengaruh dan hubungan positif terhadap intention of use generasi milenial pada layanan BSI Mobile dalam transaksi e-commerce di Kabupaten Kudus. Oleh karena itu, layanan digital perbankan syariah seperti BSI Mobile sebaiknya selalu memperhatikan peningkatan kualitas layanan yang dimiliki dan memberikan kesesuaian inovasi teknologi dengan gaya hidup dan kebutuhan pengguna saat ini, serta mengoptimalkan usaha pengendalian risiko kerugian dari penggunaan layanan tersebut, demi menggaet minat penggunaan ke ranah yang lebih luas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Service Quality, Compatibility, Perceived Risk, Intention of Use, Generasi Milenial, BSI Mobile, E-Commerce | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 07:28 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 07:28 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11338 |
Actions (login required)
View Item |