Pengaruh Service Quality, Compatibility, dan Perceived Risk Terhadap Intention of Use Generasi Milenial pada Layanan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia dalam Transaksi E-Commerce di Kabupaten Kudus

Dimam, Ishlahud (2023) Pengaruh Service Quality, Compatibility, dan Perceived Risk Terhadap Intention of Use Generasi Milenial pada Layanan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia dalam Transaksi E-Commerce di Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (506kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)

Abstract

Masyarakat Indonesia dari kalangan generasi milenial memiliki kebiasaan baru dalam sektor bisnis berbasis e-commerce yang mampu mendorong minat penggunaan layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI Mobile) sebagai metode pembayaran dalam transaksi berbelanja secara online di platform e-commerce yang dibuktikan dengan adanya peningkatan fee based income yang diperoleh oleh Bank Syariah Indonesia melalui transaksi tersebut. Namun, terdapat temuan yang menyatakan bahwa dalam transaksi e-commerce, masyarakat lebih cenderung menggunakan sistem pembayaran Cash on Delivery (COD) karena dinilai memiliki keunggulan dari segi kualitas dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya serta minimnya potensi kerugian yang akan dialami di masa mendatang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh service quality, compatibiity, dan perceived risk terhadap intention of use generasi milenial pada layanan BSI Mobile dalam transaksi e-commerce di Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil yaitu generasi milenial pengguna layanan BSI Mobile dan pernah atau sering melakukan transaksi pembelian melalui e-commerce yang berdomisili di Kabupaten Kudus dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM Statistics SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel service quality memiliki pengaruh dan hubungan positif terhadap intention of use generasi milenial pada layanan BSI Mobile dalam transaksi e-commerce di Kabupaten Kudus. Variabel compatibility memiliki pengaruh dan hubungan positif terhadap intention of use generasi milenial pada layanan BSI Mobile dalam transaksi e-commerce di Kabupaten Kudus. Variabel perceived risk memiliki pengaruh dan hubungan positif terhadap intention of use generasi milenial pada layanan BSI Mobile dalam transaksi e-commerce di Kabupaten Kudus. Oleh karena itu, layanan digital perbankan syariah seperti BSI Mobile sebaiknya selalu memperhatikan peningkatan kualitas layanan yang dimiliki dan memberikan kesesuaian inovasi teknologi dengan gaya hidup dan kebutuhan pengguna saat ini, serta mengoptimalkan usaha pengendalian risiko kerugian dari penggunaan layanan tersebut, demi menggaet minat penggunaan ke ranah yang lebih luas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuttaqin, IbnuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Compatibility, Perceived Risk, Intention of Use, Generasi Milenial, BSI Mobile, E-Commerce
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:28
Last Modified: 22 Oct 2023 07:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11338

Actions (login required)

View Item View Item