Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Di MIN 01 Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023

Khasanah, Finayusfita Dwi (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Di MIN 01 Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (853kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (474kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (708kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (351kB)

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu komponen kegiatan pembelajaran yang berfungsi sebagai pedoman dalam melakukan langkah-langkah kegiatan pembelajaran serta model pembelajaran juga sebagai wadah dalam melakukan berbagai bentuk kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.Model pembelajaran problem based learning dapat membantu peserta didik dalam mentransfer ilmu pengetahuan dan memahami masalah dalam kehidupan yang nyata serta dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan barunya. Dengan penerapan model pembelajaran problem based learning ini dapat diketahui bahwa hasil belajar yang didapatkan peserta didik kelas V pada tema 6 panas dan perpindahannya dapat meningkat. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui perencanaan model pembelajaran problem based learning kelas V tema 6 panas dan perpindahannya di MIN 01 Jepara tahun pelajaran 2022/2023. 2). Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran problem based learning kelas V tema 6 panas dan perpindahannya di MIN 01 Jepara tahun pelajaran 2022/2023. 3). Untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V tema 6 panas dan perpindahannya di MIN 01 Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Penelitianini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Penelitian dengan menggunakan pendekatan ini bermaksud untuk memahami fenomena yang terjadi dan dialami oleh subyek penelitian.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 01 Jepara yang berjumlah 33 orang.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti di MIN 01 Jepara melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terkumpul data-data sebagai berikut: 1). Sebelum perencanaan penerapan model pembelajaran problem based learning dimulai guru terlebih dahulu menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran agar selama pembelajaran berjalan dengan lancar, peserta didik berperan aktif, dan materi yang disampaikan mudah dipahami. 2). Pelaksanaan penerapan model pembelajaran problem based learning berlangsung sesuai dengan tahapan-tapahan model pembelajaran yaitu mengorientasi peserta didik pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi, dan menganalisis serta mengevaluasi proses pemecahan masalah. 3). Hasil penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkat dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas V dan dapat dilihat dari hasil evaluasi penilaian soal yang telah diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tema 6 Panas dan Perpindahannya
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:51
Last Modified: 22 Oct 2023 07:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11357

Actions (login required)

View Item View Item