IMPLEMENTASI TEKNIK PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NU AL-HIDAYAH GETAS SRABI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Inayah, Ilmiyatul (2016) IMPLEMENTASI TEKNIK PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NU AL-HIDAYAH GETAS SRABI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
04 DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
05 BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
06 BAB II.pdf

Download (462kB)
[img] Text
07 BAB III.pdf

Download (230kB)
[img] Text
08 BAB IV.pdf

Download (498kB)
[img] Text
09 BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
10 DAFTAR PUSATAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Pesertadidik di Madrasah Tsanawiyah NU Al-Hidayah sering merasa mudah merasa bosan dengan cara mengajar yang dilakukan oleh guru, karena Fikih sangat memerlukan praktik serta cara mengajar yang akan memudahkan peserta didik dalam menerima materi dengan efektif yang mampu menyeimbangkan aspek pengetahuan dan psikomotorik peserta didik. Oleh sebab itu penyampaian materi dengan teknik POGIL untuk menciptakan suasana pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan mampu menyeimbangkan kemampuan peserta didik tujuan peserta didik mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. di MTs. NU Al-Hidayah Kudus. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui pembelajaran Fikih di MTs. NU Al-Hidayah Getasrabi Gebog Kudus. 2) Untuk menjelaskan implementasi teknik POGIL pada pembelajaran Fikih di MTs. NU Al-Hidayah Getasrabi Gebog Kudus. 3) Untuk menemukan apa saja factor pendukung dan penghambat dalam implementasi teknik POGIL Pada Pembelajaran Fikih di MTs. NU Al-Hidayah Getasrabi Gebog Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan field research, dengan pendekatan kualitatif, yaitu karena peneliti bermaksud memahami situasi secara mendalam, menemukan pola, dan teori.Teknik pengumpulan data menggunakano bservasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, perpanjangan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan refrensi, dan member check, serta Uji Dependability, dan Confirmability. Analisis data, Pertama, mereduksi data, Kedua, menyajikan data, Ketiga, Verifikasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Pembelajaran Fikih MTs.NU Al-Hidayah berorientasi pada kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan guru hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran yang mengarahkan peserta didik. 2) Implementasi Teknik POGIL pada pembelajaran Fikih yang dilakukan guru tersusun dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu mulai dari mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosi, serta mengkomunikasikan materi yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik dan mampu menyeimbangkan aspek pengetahuan dan psikomotorik, agar mampu diaplikasikan dalam kehidupanse hari-hari. 3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Fikih yaitu berupa fasilitas dan sarana prasana yang memadai yang mendukung pembelajaran Fikih, sedang factor penghambat ini berupa factor fisiologis seperti keadaan peserta didik, psikologis berupa kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, serta non social yaitu adanya gangguan dari peserta didik lain. Dan hal tersebut menjadikan lembaga dalam mengelola pembelajaran akan berusaha lebih baik dan bagaiama namenciptakan suasana pembelajara nFikih yang menyenangkan. Kata Kunci : Teknik POGIL,PembelajaranFikih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2017 02:38
Last Modified: 04 Jun 2017 02:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item View Item