Suryaningrum, Pratiwi (2023) Eksplorasi Etnomatematika pada Peninggalan RA Kartini sebagai Sumber Pembelajaran Matematika Kontekstual di Kabupaten Rembang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
| 
              
Text
 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB)  | 
          |
| 
              
Text
 ABSTRAK.pdf Download (322kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR ISI.pdf Download (275kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB I.pdf Download (490kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB II.pdf Download (750kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB III.pdf Download (361kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB IV.pdf Download (2MB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB V.pdf Download (339kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB)  | 
          
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk peninggalan RA Kartini yang ada di Museum RA Kartini sebagai sumber pembelajaran matematika kontekstual di Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian kualitatif didasarkan pada data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi yang dilakukan dengan pengurus Museum RA Kartini dan guru matematika, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi mengenai peninggalan-peninggalan RA Kartini di Museum RA Kartini Rembang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peninggalan RA Kartini di Museum RA Kartini Rembang dapat dikategorikan menjadi dua yaitu, peninggalan material dan peninggalan non material. Peninggalan material adalah peninggalan berbentuk fisik seperti bothekan, ranjang, cermin, kebaya, dan sebagainya. Sedangkan peninggalan non material adalah peninggalan yang berupa adat istiadat seperti kebudayaan membatik, kirap pataka, dan sebagainya. Dalam peninggalan RA Kartini memuat berbagai konsep matematika seperti bangun datar dan bangun ruang yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran matematika kontekstual diberbagai jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk dapat mengintegrasikan etnomatematematika peninggalan RA Kartini sebagai sumber pembelajaran matematika di sekolah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
  | 
        ||||||
| Uncontrolled Keywords: | Eksplorasi Etnomatematika, Peninggalan RA Kartini, Sumber Pembelajaran, Matematika Kontekstual | ||||||
| Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:08 | ||||||
| Last Modified: | 26 Oct 2023 04:08 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11403 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        