Analisis Konten Sains Dalam Film sebagai Sumber Belajar untuk SMP/MTs

Umami, Riza (2023) Analisis Konten Sains Dalam Film sebagai Sumber Belajar untuk SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (530kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (318kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini untuk menambah sumber belajar bagi siswa SMP/MTs, karena film dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih menarik, termotivasi, kritis dan mendorong rasa keingintahuan siswa terhadap pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik film dan keterkaitan konsep IPA dengan adegan yang ada dalam film yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar untuk siswa SMP/MTs. Dengan menggunakan jenis penelitian analisis deskriptif yang merupakan penelitian dengan cara menganalisis, menggambarkan dan merangkum berbagai data yang diperoleh dari hasil obeservasi atau pengamatan tentang permasalahan yang ada dilapangan. Dengan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang didasarkan pada sumber data, pemaparan data dan analisis data yang kemudian diinterpretasikan dipembahasan. Subjek penelitian ini adalah beberapa film, film yang dipilih yakni film yang memuat konten berhubungan dengan ruang lingkup Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan yang dapat dijadikan sumber belajar untuk siswa jenjang SMP/MTs. Film yang dipilih untuk diteliti ada empat film yang berjudul The Boy Who Harnessed The Wind, The Martian, Big Hero 6 dan Hichki. Hasil dari penelitian ini adalah karakteristik film yang dapat dijadikan sumber belajar IPA untuk SMP/MTs perlu memerhatikan beberapa hal seperti tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, mengetahui perkembangan peserta didik untuk menyesuaikan dalam pemilihan film, keefektifan film yang digunakan, ketersediaan film yang dipilih, kualitas teknis, film berkaitan dengan konsep IPA, dan bahasa yang digunakan mudah dipahami. Untuk keterkaitan konsep IPA dengan adegan dalam film yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPA, ditemukan konten sains yang berkaitan mengenai konsep IPA dalam film yaitu dalam bidang ilmu fisika peneliti merekomendasikan pada film The Martian, untuk bidang ilmu kimia yang dapat dijadikan rekomendasi untuk referensi yakni film Hichki. Rekomendasi dalam bidang ilmu biologi, film The Martian sesuai sebagai rekomendasi sebegai referensi pembelajaran IPA. Film The Boy Who Harnessed The Wind dapat direkomendasikan untuk konsep IPA berkaitan mengenai energi dan juga STEM dan untuk film Big Hiro 6 dapat dijadikan referensi untuk konsep IPA yang berkaitan mengenai STEM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorImaduddin, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konten sains, film, Sumber Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:21
Last Modified: 26 Oct 2023 07:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11410

Actions (login required)

View Item View Item