ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KEMITRAAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MTS. MINSYAUL WATHON DAN MTS. MAMBAUL ULUM GROGOLAN DUKUHSETI PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Hikmah, Luthfiana (2016) ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KEMITRAAN DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MTS. MINSYAUL WATHON DAN MTS. MAMBAUL ULUM GROGOLAN DUKUHSETI PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COFER..pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang 1) Pelaksanaan manajemen pendidikan berbasis kemitraan dalam pembelajaran PAIdi MTs. Minsyaul Wathon dan MTs. Mambaul Ulum Grogolan Dukuhseti Pati tahun ajaran 2015/2016, 2) Faktor pendukung dan penghambat manajemen pendididkan berbasis kemitraan dalam pembelajaran PAI di MTs. Minsyaul Wathon dan MTs. Mambaul Ulum Grogolan Dukuhseti Pati tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber datanya dari guru PAI, kepala madrasah,peserta didik, dan dokumen MPBK. Sedangkan teknik uji keabsahan data pada penelitian ini penulis menggunakan langkah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan refrensi, dan member chek. Selanjutnya dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan manajemen pendidikan berbasis kemitraan dalam pembelajaran PAI di MTs. Minsyaul Wathon dan MTs. Mambaul Ulum Grogolan Dukuhseti Pati dilaksanakan berkesinambungan setiap dua kali dalam satu semester dengan melibatkan seluruh guru PAI dari MTs. Minsyaul Wathon dan Mambaul Ulum, 2) Faktor pendukung MPBK yaitu kepedulian dari para guru, antusias guru dalam mengupayakan adanya kualitas pendidkan, dan adanya komunikasi internal yang baik sehingga dapat mendukung dan mendorong etos kerja seluruh tim, sedangkan faktor penghambat MPBK adalah minimnya anggaran dana, minimnya media teknologi dan adanya guru yang terlambat saat mengikuti pertemuan rutin MPBK. Kata Kunci: MPBK (Manajemen Pendidikan Berbasis Kemitraan), Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2017 03:16
Last Modified: 04 Jun 2017 03:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1142

Actions (login required)

View Item View Item