Pengaruh Gaya Kepemimpinan Harismatik, Reward Insentif Dan Profesionalitas Terhadap Kualitas Kinerja Guru (MI Darul Ulum 02 Desa Ngembalrejo Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah)

Shofa, Achyar Auliya (2023) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Harismatik, Reward Insentif Dan Profesionalitas Terhadap Kualitas Kinerja Guru (MI Darul Ulum 02 Desa Ngembalrejo Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah). Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (577kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (384kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (840kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (580kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (781kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Kualitas kinerja guru sangat ditentukan oleh faktor interen dan eksteren. Faktor interen kinerja guru sendiri dapat di pengaruhi oleh kompetensi profesional Sementara faktor dari luar di pengaruhi oleh stimulus kepemimpinan dan reward insentif. Guru sendiri memegang peranan yang sangat krusial dalam memajukan lembaga pendidikan, karena tenaga pendidik adalah kunci kesuksesan suatu lembaga Madrasah yang mencetak output yang berkualitas berdasarkan visi misi madrasah tersebut. Di zaman modern globalisasi yang mana budaya materialisme yang menjadi fenomena di masyarakat, bekerja akan selalu di implikasikan dengan materi dan hal ini bersifat wajar. Motif untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kesejahteraan sosial masing-masing menjadi tujuan utama bagi para pekerja apapun. Dalam kaitannya dengan hal ini, wajar bila kualitas kinerja guru secara ekstern di pengaruhi besar kecilnya nominal reward yang diberikan lembaga terhadap guru. Dari pekerjaannya sebagai tenaga profesional yang mendapatkan gaji setiap bulannya, guru dituntut sebaik mungkin melakukan pekerjaannya secara profesional. Lembaga institusi dalam menjalankan peran keorganisasian juga tidak terlepas dari sosok seorang pemimpin atau manajer. Pemimpin atau menajer berperan dominan dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi atau lembaga. Pemimpin atau manajer merupakan otak yang mengatur arah organisasi menuju ke tujuan visi misi lembaga atau organisasi terkait. Ketiga permasalahan ini, gaya kepemimpinan kharismatik, reward insentif dan profesionalitas dapat mempengaruhi baik buruknya kinerja guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh gaya kepemimpinan kharismatik, reward insentif dan profesionalitas dapat menstimulus kinerja guru. Uji validitas dan reliabilitas angket soal dilakukan di MI Matholi’ul Falah Desa Karangrejo, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah dengan jumlah populasi 7 orang. Lokasi penelitian di MI Darul Ulum 02 Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian kuantitatif pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dari arsip madrasah, wawancara dengan kepala madrasah, observasi mengamati di madrasah. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh dikarenakan jumlah populasi ≤ 30 orang. Jumlah sampel dalam penelitian menggunakan 12 guru yang mengajar aktif di MI Darul Ulum 02 Kudus. Dalam proses tabulasi menggunakan Ms Excel dan Alat untuk menganalisis data kuantitif menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji regresi berganda mendapatkan nilai constant adalah 43,493. Nilai koefisien dari gaya kepemimpinan kharismatik yaitu -0,034. Nilai koefisien dari reward insentif yaitu 0,033. Nilai koefisien dari profesionalitas yaitu 0,057. Dengan interpretasi gaya kepemimpinan kharismatik jika dipakai akan menurun 0,034% sedangkan reward insentif hanya meningkat 0,033% dan profesionalitas meningkat hanya 0,057%. Uji t student mendapatkan hasil H1 nilai Sig. 0,684 > 0,05, H2 dengan hasil nilai Sig. 0,600 > 0,05, H3 dengan hasil nilai Sig. 0,259 > 0,05. Dengan interpretasi ketiga variabel independen tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel dependen. Uji F mendapatkan hasil nilai dari Sig. 0,206 > 0,05 dan dapat di interpretasikan ketiga variabel independen tidak berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel dependen. Uji R square diketahui nilai dari R square adalah 0,418 atau secara simultan sebesar 41,8% dan 58,2% dipengaruhi variabel lain yang belum diketahui.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kharismatik, Reward Insentif, Profesionalitas, Kinerja Guru
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2023 05:29
Last Modified: 03 Nov 2023 05:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11459

Actions (login required)

View Item View Item