Pengembangan Permainan Dart Board Dalam Bimingan Kelompok Untuk Menguatkan Konsep Diri Siswa Kelas VII MTs Manba’ul Ulum

Muna, Alisa Ailatul (2023) Pengembangan Permainan Dart Board Dalam Bimingan Kelompok Untuk Menguatkan Konsep Diri Siswa Kelas VII MTs Manba’ul Ulum. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (481kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (464kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

dalam bimbingan kelompok untuk menguatkan konsep diri siswa kels VII MTs Manba’ul Ulum. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengembangkan konsep diri siswa, mengetahui bakat dan minat siswa, serta menentukan karir siswa setelah lulus sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) . pada penelitian ini menggunakan model Borg and Gall. Kelayakan media ini dengan cara validasi kepada ahli materi dan ahli media kemudian uji produk/media kepada siswa kelas VII MTs Manba’ul Ulum. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media permainan dart board dalam bimbingan kelompok yang layak digunakan dari penilaian validator ahli materi sebesar 88, validator ahli media sebesar 90 dan validator guru BK memperoleh penilaian sebesar 92. Efektifitas dari permaian dart board dalam konseling kelompok dapat dilihat dari angket yang dianalisis dan diolah dengn IBM SPSS 22 dengan memberikan hasil signifikan dan produk dapa digunakan. Nilai rata-rata posttest setelah melakukan permainan dart board dalam bimbingan kelompok sebesar 52,5 lebih tinggi dari nilai pretest yang rataratanya 29,15. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari hasil permainan dart board . hal ini menunjukan bahwa produk penggunaan media permainan untuk menguatkan konsep diri dinyatakan efektif dan layak, yang didasari pada proses yang sudah dijalankan mulai dari pengembangan produk hingga uji coba lapangan, karena terbukti dapat menguatkan konsep diri siswa kelas VII MTs Manba’ul Ulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndriani, FarichaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Permainan Dart Board, Konsep Diri
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:07
Last Modified: 07 Nov 2023 06:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11492

Actions (login required)

View Item View Item