Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama dalam Membentuk Sikap Moderat Siswa di SMA N 1 Kudus

Fahruddin, Ahmad (2023) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama dalam Membentuk Sikap Moderat Siswa di SMA N 1 Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (996kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (566kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (697kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (578kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (368kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis: (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama dalam Membentuk Sikap Moderat Siswa di SMA N 1 Kudus. (2) Pandangan siswa SMA N 1 Kudus tentang moderasi beragama. Beberapa pendapat siswa di SMA N 1 Kudus. (3) Perubahan sikap moderat siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik. Adapun sumber primer didapat dari observasi non partisipan di SMA N 1 Kudus dan wawancara terstruktur kepada kepala sekolah, kepala bidang kurikulum, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik. Sedangkan sumber sekunder didapat dari dokumen-dokumen kurikulum PAI, buku ajar PAI, dokumen pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam dalam hal ini sebuah observasi, silabus, RPP, hasil belajar peserta didik dan sejarah sekolah. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama dalam Membentuk Sikap Moderat Siswa di SMA N 1 Kudus yaitu: a) tahap perencanaan, perencanaan pembelajaran di SMA N 1 Kudus sebagai berikut: perencanaan pembelajaran seperti penyusunan RPP, Silabus, dan Materi Pembelajaran. b) tahap pelaksanaan: 1) kegiatan pendahuluan, mata pelajaran PAI guru mengacu pada RPP Abad 21 berbasis nilai karakter profil pelajar pancasila (PPP) dan nilai moderasi beragama sesuai dengan Permendikbud N0. 37 Tahun 2018. 2) Kegiatan inti, sebagai seorang guru memiliki peran penting ketimbang guru mata pelajaran yang lain karena membentuk sikap atau karakter moderat peserta didik. c) tahap evaluasi pembelajaran: 1) Evaluasi mingguan, guru menilai hasil pembelajaran dengan menggunakan evaluasi ulangan harian per materi yang di sampaikan oleh guru. 2) Evaluasi bulanan semisal menggunakan evaluasi tengah semester, tengah semester disini untuk melihat sejauh mana hasil pemahaman siswa ketika saat mengikuti pembelajaran PAI. 3) Evaluasi tahunan meliputi evaluasi akhir semester. (2) Pandangan siswa SMA N 1 Kudus tentang moderasi beragama. Beberapa pendapat siswa di SMA N 1 Kudus mengenai moderasi beragama bahwa: 1) moderasi merupakan sikap tengah-tengah tanpa memandang suku, ras dan agama serta menghargai pendapat orang lain. 2) Moderasi beragama adalah sikap moderat yang dimiliki oleh setiap manusia agar dapat beragama dengan baik terhadap sesama umat. 3) Moderasi beragama adalah cara beragama yang baik tanpa membeda-bedakan suku dan agama yang dianut serta saling membantu orang lain. 4) Moderasi beragama berarti menyikapi perbedaan dengan secara seksama dan bijak tanpa memandang rendah perbedaan suku ras dan agama yang lainnya. 5) Moderasi beragama berarti mempunyai rasa tenggang rasa dalam perbedaan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorMubasyaroh, MubasyarohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama, Sikap Moderat, Siswa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:59
Last Modified: 09 Nov 2023 02:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11511

Actions (login required)

View Item View Item