Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Membangun Sikap Penyesuaian Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di MTs Qudsiyyah Putri Kudus

Sa’diyah, Salamatus (2023) Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Membangun Sikap Penyesuaian Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di MTs Qudsiyyah Putri Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (624kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (734kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (431kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (861kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (472kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (593kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga pokok tujuan sebagai berikut, 1) Mengetahui Kondisi penyesuaian diri siswa di MTs Qudsiyyah Putri Kudus; 2) Mengetahui langkah-langkah strategi guru bimbingan konseling dalam membangun sikap penyesuaian diri siswa di MTs Qudsiyyah Putri Kudus; 3) Mengetahui dampak dari strategi guru bimbingan konseling dalam membangun sikap penyesuaian diri siswa di MTs Qudsiyyah Putri Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (field reseach), kemudian pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan sumber datanya adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, teknik observasi, teknik dokumentasi dan juga teknik sampling informan. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan ada 10. Adapun informannya yaitu: kepala sekolah, guru bimbingan konseling, dan siswa. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara triangulasi, meningkatkan ketekunan, membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Kondisi Penyesuaian diri siswa MTs Qudsiyyah Putri Kudus sebelum diberi layanan bimbingan kelompok terbilang cukup rendah terdapat siswa yang sulit berinteraksi dengan teman sebaya, merasa stress belajar, kurang percaya diri, merasa cemas dengan lingkungan baru, sulit menyesuaikan diri dengan peraturan, dan malas dalam menghafal. Kedua, langkah-langkah strategi guru BK melalu layanan bimbingan kelompok dalam membangun sikap penyesuaian diri siswa di MTs Qudsiyyah Putri Kudus pada dasarnya melalui beberapa strategi diantaranya pelaksanaan layanan bimbingan kelompok ada empat tahap yaitu tahap pembukaan, tahap peralihan, tahap kegiatan kelompok, dan tahap pengakhiran, dalam membantu santri supaya dapat menyesuaikan diri di sekolah. Pelaksanaan bimbingan ini dilakukan secara berkelompok dan bertatap muka antara guru BK dengan siswa dan dalam penyampaianya menggunakan teknik informasi atau bisa disebut dengan metode ceramah untuk membantu siswa dalam menyesuaikan dirinya di lingkungan MTs Qudsiyyah Putri Kudus. Peran guru BK pada bimbingan kelompok di MTs Qudsiyyah Putri Kudus yaitu sebagai korektor, inspirator, informator, motivator, dan pembimbing. Ketiga, dampak strategi guru BK melalui layanan bimbingan kelompok dalam membangun sikap penyesuaian diri siswa di MTs Qudsiyyah Putri Kudus yaitu setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok sikap penyesuaian diri siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya terlihat dari meningkatnya interaksi yang baik dengan teman sebaya, lebih semangat belajar, lebih percaya diri, sudah tidak merasa cemas, disiplin dalam mentaati peraturan dan lebih giat dalam menghafal.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChoir, AbuUNSPECIFIED
Thesis advisorNuruddin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan Konseling, Penyesuaian Diri, Bimbingan Kelompok
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:15
Last Modified: 09 Nov 2023 03:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11512

Actions (login required)

View Item View Item