Penyediaan Platform Media Sosial Bermuatan Video Pembelajaran IPA SMP/MTs Berbasis Hands on Activity Sebagai Sumber Belajar Siswa.

Arifin, Syamsul (2023) Penyediaan Platform Media Sosial Bermuatan Video Pembelajaran IPA SMP/MTs Berbasis Hands on Activity Sebagai Sumber Belajar Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (60kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (81kB)
[img] Text
4. Bab I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
5. Bab II.pdf

Download (397kB)
[img] Text
6. Bab III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
7. Bab IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (491kB)

Abstract

idikan, terutama dalam pembelajaran IPA dan media sosial dapat menjadi sumber belajar alternatif siswa. Konten video pembelajaran IPA berbasis hands-on activity dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPA yang abstrak dan memotivasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis desain video pembelajaran IPA SMP/MTs berbasis hands on activity yang sesuai, menganalisis kelayakan pengembangan video pembelajaran IPA SMP/MTs berbasis hands on activity sebagai sumber belajar siswa dan menganalisis respon siswa terhadap video pembelajaran IPA berbasis hands on activity sebagai sumber belajar siswa SMP/MTs. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan atau R&D dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Pada tahap define dilakukan berbagai analisis seperti analisis awal, analisis siswa, analisis tugas dan spesifikasi tujuan pembelajaran untuk memperjelas tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi pembuatan akun media sosial, pemetaan KD IPA, pembuatan flowchart, skrip, storyboard, perekaman video dan audio dan pengeditan. Tahap development meliputi validasi oleh ahli materi dan ahli media, uji lapangan terbatas dan uji lapangan operasional. Tahap disseminate, dilakukan penyebarluasan video pembelajaran IPA SMP/MTs berbasis hands on activity dan didistribusikan melalui platform media sosial sebagai sumber belajar siswa SMP/MTs. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar validasi media dan lembar angket respon guru IPA dan siswa. Teknik analisis data kualitatif untuk menganalisis saran dari validator, sedangkan teknik analisis data kuantitatif untuk menganalisis penilaian validator, respon guru IPA dan respon siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu video pembelajaran IPA SMP/MTs berbasis hands on activity yang sesuai dan kelayakan produk berupa platform media sosial yang berisi video pembelajaran IPA berbasis hands on activity berdasarkan penilaian validator ahli media yaitu 89,5% dan validator ahli materi yaitu 95,9% dengan kriteria sangat layak. Respon guru IPA mendapatkan persentase 97%, uji lapangan terbatas didapatkan persentase 90,2% dan uji lapangan operasional pada kelas VII, VIII dan IX secara berurutan didapatkan persentase 83,8%, 84,2% dan 89,9% dengan kriteria sangat praktis dan layak dijadikan sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalichatin, HanikUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hands on Activity, Platform Media Sosial, Sumber Belajar, Video Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2023 06:17
Last Modified: 09 Nov 2023 06:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11513

Actions (login required)

View Item View Item