Strategi Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan Keterampilan Sains Anak Usia Dini di TK Nurush Shofa Bae Kudus.

Indrayan, Ferry (2023) Strategi Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan Keterampilan Sains Anak Usia Dini di TK Nurush Shofa Bae Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (565kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (381kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (484kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (574kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) Untuk menganalisis strategi pelaksanaan Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka di TK Nurush Shofa Bae Kudus di TK Nurush Shofa Bae Kudus; 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan project based learning pada kurikulum merdeka di TK Nurush Shofa Bae Kudus; 3) Untuk menganalisis keterampilan sains Anak Usia Dini TK Nurush Shofa Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model field research (penelitian lapangan) yang disampaikan secara deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari proses wawancara dengan informan yang meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, guru dan siswa, observasi dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan strategi project based learning pada kurikulum merdeka dalam pengembangan keterampilan sains ada beberapa cara antara lain: Yang pertama, memilih topik pembelajaran (aku sayang bumi, aku cinta Indonesia, bermain dan bekerja sama, imajinasi dan kreativitasku). Yang kedua, penjabaran topik pembelajaran. Yang ketiga, pengembangan modul ajar memiliki tujuan agar topik yang diangkat tidak monoton dan kaku untuk pelaksanaan pembelajaran. Yang ke empat, pelaksanaan pembelajaran terdapat dalam beberapa tahap sebagai berikut: kegiatan awal, kegaiatan inti (persiapan guru, metode yang digunakan, media pembelajaran), kegiatan penutup (recalling dan evaluasi). Yang kelima, pembelajaran outdoor. Belajar di luar kelas memungkinkan anak-anak untuk mengalami lingkungan yang lebih realistis. Yang ke enam, penilaian atau asesmen yang berupa hasil karya, catatan anekdot, dan ceklis. 2) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat dalam pelaksanaan strategi project based learning pada kurikulum merdeka dalam pengembangan keterampilan sains anak usia dini di TK Nurush Shofa Bae Kudus. Faktor pendukung yakni adanya motivasi eksternal dalam hal ini adalah orang tua, adanya motivasi dari kepala sekolah yang mendukung setiap pembelajaran, adanya motivasi dari guru dalam proses pembelajaran anak-anak, adanya motivasi dari Yayasan. Sedangkan faktor penghambatnya yakni kemampuan siswa dan alokasi waktu. 3) Keterampilan sains anak usia dini TK Nurush Shofa setelah melaksanakan pembelajaran sains yang memiliki beberapa indikator keterampilan sains anak usia dini antara lain: mengamati, membandingkan, mengukur, mengkomunikasikan, melakukan eksperimen, menyimpulkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuzdalifah, MuzdalifahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Project Based Learning, Kurikulum Merdeka, Keterampilan Sains
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Nov 2023 05:31
Last Modified: 16 Nov 2023 05:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11566

Actions (login required)

View Item View Item