Nisa’, Izzatin (2023) Internalisasi Konsep Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SD Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an Betengan Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (780kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (392kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (600kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (906kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (413kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (384kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia cenderung lebih menekankan pada aspek kognitif dan psikomotorik sehingga kurang dalam implementasi aspek afektif. Apalagi di lembaga pendidikan umum yang minim dalam masalah pendidikan akhlak. Hal tersebut mengakibatkan kurangnya penanaman pendidikan akhlak sehingga terjadi krisis identitas seperti lunturnya sikap kejujuran, kesopanan, yang memunculkan berbagai masalah seperti kenakalan remaja, kurangnya sikap hormat kepada guru dan orang tua, bullying dan lain sebagaimya. Berangkat dari keprihatinan penulis terhadap krisis moral yang terjadi maka perlu adanya pendidikan akhlak atau pendidikan profetik untuk mendukung dan menunjang dari pendidikan Agama Islam. pendidikan profetik adalah pendidikan kenabian yang berlandaskan ajaran Nabi Muhammad SAW dimana Nabi Muhammad adalah pendidik yang paling berhasil dalam misinya dan menjadi suri tauladan bagi sekalian alam. Di SD Bustanu ‘Usysyaqil Qur’an ada upaya dalam menumbuhkembangkan pendidikan keagamaan Islam terhadap peserta didiknya sesuai yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis konsep pendidikan profetik di lembaga pendidikan sehingga dapat membentuk karakter disiplin peserta didik beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pencarian data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisa dan interpretasi data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian dan keabsahan data. Sedangkan dalam uji keabsahan data penulis menggunakan trianglasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep internalisasi pendidikan profetik guru harus kreatif dan inovatif dalam mengajar. Guru juga harus dapat menjadi suri tauladan bagi peserta didiknya. Seperti sifat-sifat yang dimiliki oleh Rasulullah SAW (2) Proses internalisasi pendidikan profetik tidak terlepas dari peran seorang guru dengan meggunakan prinsip pembiasaan, keteladanan dan scientific learning (3) Hasil internalisasi pendidikan profetik perlu dilakukan evaluasi, dalam evaluasi ini guru tidak hanya mengukur dan menilai pengetahuan dan keterampilan saja, akan tetapi juga menilai sikap atau perilaku peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan profetik, Karakter disiplin | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2023 02:28 | |||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2023 02:28 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11585 |
Actions (login required)
View Item |