Manajemen SMP Boarding School dalam Meningkatkan Program Tahfidzhul Qur’an (menghafal Al-Qur.’an) Santri di Yayasan Al Hamidiyah Pati

Susanti, Susanti (2023) Manajemen SMP Boarding School dalam Meningkatkan Program Tahfidzhul Qur’an (menghafal Al-Qur.’an) Santri di Yayasan Al Hamidiyah Pati. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (752kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (616kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (600kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, 4) evaluasi, 5) faktor pendukung dan penghambat program boarding school dalam upaya meningkatkan Tahfi<dzul Qur’an pada santri di Yayasan Al-Hamidiyah Pati Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus deskriptif. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisa data penulis menggunakan beberapa langkah diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah semua data yang diperlukan mulai dari data primer dan data sekunder didapatkan, maka perlu dilakukan uji keabsahan data. Pengujian keabsahan data ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu triangulasi, perpanjangan pengamatan dan diskusi teman sejawat. Kesimpulan penelitian ini yaitu : 1) Perencanaan program Tahfidzul Qur’a>n santri santri tertera dalam visi, misi dan tujuan yayasan Al Hamidiyah Boarding School. Selain itu juga terkait dengan pengembangan yang meliputi pengembangan SDM, sarpras dan lain sebagainya. Sedangkan target ditentukan 2 setengah juz per semseter. 2) Pengorganisasian meliputi pengelompokan ustadzah halaqoh dan murobbiyah yaitu 12 santri per ustadzah dengan 3 kali halaqoh (pagi, sore dan malam). Bagi santri yang belum bisa mencapai target harian maka harus mengulang, tidak boleh menambah hafalan jika ayat sebelumnya belum lancar. 3) Pelaksanaan berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, baik program majlisan, dziba’an, halaqoh. Pembelajaran tahfidz disesuaikan dengan pedoman yang terdapat di buku muttaba’ah. 4) Evaluasi dilaksanakan 3 bentuk yaitu harian, mingguan dan akhir semester dan ada 3 kriteria yaitu lulus target, lulus tidak target dan tidak lulus. 5) Peluang adanya program tahfidz di yayasan Al Hamidiyah Boarding Sccool yaitu adanya semangat yang tinggi yang tertanam pada diri santri dan tantangan nya adalah rasa malas dan kurangnya waktu dalam muroja’ah hafalan

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubasyaroh, MubasyarohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Boarding School, Tahfidzul Qur’a>n
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:37
Last Modified: 27 Nov 2023 01:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item View Item