Implementasi Pembelajaran Boarding School Dalam Meningkatkan Kualitas Spiritual Siswa Kelas VIII di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus Tahun Ajaran 2020/2021

Ulya, Inarotul (2023) Implementasi Pembelajaran Boarding School Dalam Meningkatkan Kualitas Spiritual Siswa Kelas VIII di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (925kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (586kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (319kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui program pembelajaran di boarding school SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran boarding school dalam meningkatkan kualitas spiritual siswa kelas VIII di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. 3) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pembelajaran boarding school dalam meningkatkan kualitas spiritual siswa kelas VIII di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil data dari Boarding School SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus yang terdiri dari Kepala sekolah, pengasuh, ustadz/ ustadzah dan santri sebagai subyek penelitian. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program unggulan Boarding School di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus yaitu program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas spiritual siswa sudah baik atau sudah berjalan dengan efektif. Hal ini ditinjau dari wawancara kepada santri, pernyataan salah satu pengasuh Boarding School dan kepala sekolah, pernyataan ustdaz dan ustadzah. Dengan adanya berbagai macam kegiatan di boarding school ini, seperti tahfidz Al-Quran, melaksanakan sholat berjamaah dan sholat sunnah, tahlil dan dziba bersama yang mana kegiatan ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan spiritualitas dalam diri masing-masing. (2) Pelaksanaan pembelajaran Boarding School di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus sudah berjalan dengan baik. Karena, apabila dilihat dari segi sarana prasarana dan kurikulum yang dipadukan oleh sekolah dapat menunjang keberjalanan pelaksanaan pembelajaran Boarding School di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. (3) Faktor pendukung yang mempengaruhi pembelajaran boarding school dalam meningkatkan kualitas spiritual siswa di SMP NU putri nawa kartika kudus diantaranya adalah sebagai berikut; fasilitas yang memadai, motivasi dari ustadz-ustadzah dan manajemen waktu yang baik. Faktor penghambat yang mempengaruhi pembelajaran boarding school dalam meningkatkan kualitas spiritual siswa di SMP NU putri nawa kartika kudus diantaranya adalah sebagai berikut; perbedaan karakter dan kapabilitas siswa dalam menghafal, kurang komunikasi antar guru dengan wali santri dan malas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Boarding School, Kualitas Spiritual
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2023 06:34
Last Modified: 04 Dec 2023 06:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11659

Actions (login required)

View Item View Item