Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024

Faza, Muhammad Aldina (2023) Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs NU Maslakul Falah Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (184kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (433kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

Skripsi ini dibuat untuk menemukan permasalahan bahwa penggunaan model pembelajaran yang sangat variatif di dunia pendidikan. Tidaklah cukup kalau model pembelajaran yang dibawakan guru di dalam kelas bersifat pasif dan tidak bisa membuat siswa nyaman dalam belajar. Teams Games Tournament merupakan tipe model belajar kooperatif atau kerjasama yang bertujuan membantu siswa untuk memecahkan permasalahan yang terjadi. Kekhawatiran akan siswa yang tidak antusias, serta tidak memiliki rasa semangat dalam belajar adalah salah satu faktor penyebab siswa tidak dapat memperoleh hasil belajar yang baik. Oleh karena itu, melalui penerapan model belajar kooperatif tipe teams games tournament peneliti menjadikan tahapan-tahapan agar siswa dapat menuju hasil dan tujuan belajar yang di inginkan. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu penulis menemukan data dilapangan secara langsung dengan meneliti langsung ke lokasi di MTs NU Maslakul Falah. Subyek dari penelitian ini yakni kepala madrasah, guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, serta peserta didik kelas 8 MTs NU Maslakul Falah. Peneliti melakukan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi sumber, tirangulasi teknik serta waktu. Kemudian penulis melakukan analisis data melalui pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan model belajar kooperatif teams games tournament ini melalui beberapa tahapan dari presentasi, tim, permainan, dan turnamen. Model pembelajaran ini di nilai mampu sebagai pancingan untuk menarik antusias serta semangat belajar peserta didik. Karena model pembelajaran teams games tournament ini menunjukkan hasil yang positif, maka dapat dikatakan efektif untuk pembelajaran IPS yang memuat materi tentang ilmu sosial, ilmu tanah serta kemasyarakatan. Para siswa memiliki antusias dan semangat yang baik. Selain itu para siswa juga mampu bertanggung jawab pada dirinya sendiri karena pada saat presentasi berlangsung siswa harus menyimak dan memahami untuk keberlangsungan turnamen nanti karena satu siswa bertanggung jawab untuk menjawab satu soal. Kelebihan model pembelajaran teams games tournament yaitu dapat membantu siswa memiliki mental yang baik. Kekurangan model pembelajaran teams games tournament yaitu pada saat pembagian kelompok membutuhkan waktu yang lama dan membutuhkan kemampuan guru untuk mengatur suasana didalam kelas yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMundakir, AkhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament, Proses Penerapan, Efektif Untuk Belajar Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2023 02:06
Last Modified: 09 Dec 2023 02:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item