Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTs Darul Ulum Purwogondo

Salsabila, Rahma Ainun (2023) Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di MTs Darul Ulum Purwogondo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (607kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (674kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui pelaksanaan penerapan metode Resitasi (penugasan) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara. (2) Mengetahui Upaya yang dilakukan pendidik dalam mengoptimalkan metode Resitasi (penugasan) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo Jepara. (3) Mengetahui factor – factor pendukung dan penghambat dalam menerapkan model pembelajaran Resitasi (penugasan) pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo. Jenis penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengambil lokasi di MTs Darul Ulum Purwogondo. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan peserta didik kelas VII. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, objek keabsahan datanya menggunakan beberapa cara yakni triangulasi, menggunakan bahan referensi dan juga peningkatan ketekunan, kemudian data tersebut dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan metode pembelajaran Resitasi pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Dengan materi Iman Kepada Malaikat dan Makhluk Ghaib Selain Malaikat, dalam pelaksanaannya memliki tiga fase atau tahapan yaitu : Fase penyampaian tujuan, fase pemberian tugas, fase pelaksanaan, serta fase pertanggung jawaban tugas. (2) Upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode pembelajaran Resitasi yaitu menyiapkan teknik dalam metode resitasi agar peserta didik dapat kondusif dengan di bentuk kelompok pada saat pemebelajaran, dengan melibatkan peserta dididk secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu upaya yang dilakukan adalah mengasah bakat untuk menunjang timbulnya minat belajar peserta didik. (3) Faktor pendukung, penghambat, dan solusi metode pembelajaran Resitasi pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Faktor pendukungnya antara lain : a) diadakannya diklat rutin, b) sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu : a) kemampuan guru yang kurang menguasai pembelajaran, b) tidak menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Adapun solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah guru memanajemen waktu proses pembelajaran dengan baik, karena terkadang siswa susah untuk diatur dan banyak bercanda, karena mereka kelas VII yang terbilang masih labil dan butuh bimbingn lebih dari guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu menuntun dan memperhatikan peserta didik yang kurang paham terhadap materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBahtiar, EdiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Resitasi, Prestasi Belajar, Guru Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Dec 2023 02:56
Last Modified: 17 Dec 2023 02:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item View Item