Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengatasi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah Di MTs NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus

Husniyya, Dzurriyyatul (2023) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengatasi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah Di MTs NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (438kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1. mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengatasi perilaku peserta didik terlambat masuk sekolah di MTs NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen. Populasi penelitian menggunakan kelas VIII A dengan seluruh jumlah peserta didik 15. Peneliti mengambil sampel 15 peserta didik dari kelas eksperimen. Teknik pengumpulan sampel dengan teknik proportional stratified Sampling yang dimana pada proses pengambilan sampel berdasarkan hasil skor sangat tinggi pada nilai pretest. Setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada peserta didik, selanjutnya diberikan posttest untuk mengetahui keefektivitasannya atau tidak pada pemberian layanan dalam mengatasi perilaku terlambat. Hasil penelitian melalui beberapa tahapan-tahapan pelaksanaan yaitu : 1. Instrument yang berupa angket dengan 34 pernyataan yang dilakukan oleh 2 validator, dengan memperoleh hasil pernyataan hasil 30 pernyataan valid dan 4 pernyataan tidak valid. 2. Uji reliabilitas pada instrument yang memperoleh hasil 0.883 dengan rumus Cronbach’s Alpha dapat dikatakan reliabel. 3. Uji Hipotesis (Mann Withney U-test) memperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,000, hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat keefektivitasan hasil dari kelas kontrol dengan hasil nilai kelas eksperimen dapat dikatakan memiliki efektivitas pada layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengatasi perilaku peserta didik terlambat masuk sekolah di MTs NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyawan, David AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Perilaku Terlambat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Dec 2023 06:17
Last Modified: 17 Dec 2023 06:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11703

Actions (login required)

View Item View Item