Implementasi Strategi Mnemonic Akronim dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas VIII MTs NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus

Dewi, Yunita Indriani (2023) Implementasi Strategi Mnemonic Akronim dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas VIII MTs NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (410kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (559kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (756kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (397kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)

Abstract

Tujuan dari dilaksanakan penelitian ini adalah guna mengetahui 1) Bagaimana mengetahui pelaksanaan pembelajaran SKI dengan menggunakan strategi mnemonic akronim dalam mengatasi kesulitan belajar pseserta didik kelas VIII di MTs NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwung Kudus, 2) Bagaimana mengetahui langkah-langkah strategi mnemonic akronim dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs. NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus, 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi mnemonic akronim dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs. NU Matholi’ul Huda Bakalankrapyak Kaliwungu Kudus. Metode penelitian yang digunakan peneliti pada skripsi ini adalah berupa field research dimana data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif, berupa data yang akan diambil baik secara tertulis maupun lisan dari narasumber atau perilaku yang diamati. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti akan berusaha melaksanakan penelitian yang sifatnya menguraikan, dan menginterprestasikan arti data-data yang dikumpulkan secara keseluruhan tentang kondisi yang sebenarnya. Hasil dari penelitian ini adalah, 1) pelaksanaan strategi pembelajaran mnemonic akronim dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas VIII dalam mata pelajaran SKI dapat berjalan dengan baik dan memberikan motivasi dalam pembelajaran sehingga peserta didik menunjukkan ketertarikan dan minat pada pembelajaran. 2) Langkah-langkah yang digunakan penerapan strategi mnemonic akronim dalam mata pelajaran SKI yaitu berupa guru mempersiapkan materi dengan menggarisbawahi, menulis daftar kalimat, dan merefleksikan. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan daftar kalimat dengan sesuatu yang umum dijumpai oleh peserta didik menggunakan teknik kata sambung. Selanjutnya dilakukan penarikan kembali memori dengan memberikan perluasan terhadap gambaran-gambaran sensorik berupa perintah kepada peserta didik untuk mengartikan gambaran tersebut. Langkah terkahir adalah review atau mengingat kembali materi yang telah dipelajari. 3) Faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan strategi mnemonic akronim dalam mengatasi kesulitan belajar sisiwa kelas VIII pada mata pelajaran SKI, yakni yang menjadi pendukung adalah peran aktif dan antusias dari peserta didik, rasa ingin tahu peserta didik, kompetensi guru, dukungan dari berbagai pihak terkait, dan sarana-prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat adalah tidak semua peserta didik dapat terbiasa dengan pemilihan metode hafalan dimana memerlukan kreativitas dan imajinasi yang tinggi, maka guru harus cerdas dalam mengolah strategi mnemonic agar dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasturin, MasturinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Mnemonic Akronim, Mata Pelajaran SKI, Kesulitan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Dec 2023 06:56
Last Modified: 17 Dec 2023 06:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11707

Actions (login required)

View Item View Item