Islam, Muhammad Zaenur (2023) Implementasi Pengajaran Kokurikuler dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (386kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (394kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (509kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (807kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (406kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (788kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (389kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (500kB) |
Abstract
Pelaksanaan program pengajaran kokurikuler pada mulanya adalah sebagai penunjang pembelajaran intrakurikuler yang ada di dalam kelas. Program ini diwajibkan kepada semua siswa tanpa terkecuali agar pemaksimalan pencapaian dalam pembelajaran dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkakan kemampuan menghafal siswa melalui implementasi pengajaran kokurikuler di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui dampak dari pelaksanaan kegiatan pengajaran kokurikuler di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan implementasi pengajaran kokurikuler dalam meningkatkan kemampuan menghafal di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan yang diguanakan dalam penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Sumber data primer yaitu kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, guru yang menjadi koordinator kegiatan kokurikuler, dan siswa. Data primer yaitu arsip dan dokumen madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahaan data melalui uji kredibilitas triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dat, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pengajaran kokurikuler dalam meningkatkan kemampuan menghafal dilaksanakan dengan tiga bentuk kegiatan yaitu penambahan kosa kata bahasa, khitobah, dan pembacaan nadzom kitab Ta’limul Muta’allim. 2) Dampak yang diperoleh dalam pelaksanaan kegiatan kokurikuler yaitu meningkatkan kemampuan menghafal siswa yang mencakup tiga aspek, diantaranya kelancaran dalam menghafal, kesesuaian dengan ilmu tajwid, dan kefasihan dalam menghafal. 3) Faktor pendukung dalam pelaksananya yaitu kebijakan dari madrasah, punishment atau hukuman, dan monitoring kepala madrasah. Adapun faktor penghambatnya adalah perbedaan latar belakang yang dimiliki setiap siswa dan waktu pelaksanaan pada jam rawan peserta didik untuk mengantuk dan kelelahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Program Pengajaran Kokurikuler, Kemampuan Menghafal | ||||||
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2023 02:52 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2023 02:52 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11731 |
Actions (login required)
View Item |