Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengatasi Permasalahan Pemilihan Karir Pada Siswa Kelas Xii SMKS Rohmatul Ummah Kudus

Anwar, Zaenal (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengatasi Permasalahan Pemilihan Karir Pada Siswa Kelas Xii SMKS Rohmatul Ummah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (488kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (330kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (499kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

Pengambilan keputusan karir merupakan suatu proses seleksi terhadap beberapa pilihan dalam merencanakan masa depan. Antara lain seperti melanjutkan studi pendidikan yang lebih tinggi, melamar pekerjaan atau membuka usaha sendiri, pilihan-pilihan yang harus diperhatikan secara matang karena akan berpengaruh pada masa depan nantinya. Fenomena yang terjadi pada peserta didik SMKS Rohmatul Ummah Kudus yaitu kurang nya informasi karir yang mereka dapatkan sehingga peserta didik tidak memiliki gambaran dalam pengambilan keputusan karir. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas XII SMKS Rohmatul Ummah Kudus. 2) Untuk mengetahui tingkat permasalahan pemilihan karir pada siswa kelas XII SMKS Rohmatul Ummah Kudus. 3) Untuk menganalisis pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengatasi permasalahan pemilihan karir pada siswa kelas XII SMKS Rohmatul Ummah Kudus. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Ekpsperiment dengan desain pre post control grup desain. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 peserta didik sampel dipilih menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket masalah pemilihan karir siswa, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Instrumen penelitian menggunakan model Skala Linkert, kemudian dianalisis menggunakan t-test dengan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis uji t thitung < t tabel dengan α = 0,05, dengan hasil diperoleh 0,00 < 0,05 menunjukan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dalam mengatasi permasalahan pemilihan karir siswa di SMKS Rohmatul Ummah Kudus. Diketahui bahwa penurunan masalah pemilihan karir siswa diperoleh data rata-rata kelas kontrol dan eksperimen. Data kelas kontrol menunjukkan rata-rata 73% lebih besar dibanding kelas eksperimen dengan rata-rata skor 59%. Dengan besar effect 0,756 termsu dalam kataristik besar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management berpengaruh dalam mengatasi maslah pemilihan karir peserta didik di SMKS Rohmatul Ummah Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlyani, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self management, Pemilihan Karir
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Dec 2023 04:10
Last Modified: 22 Dec 2023 04:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11740

Actions (login required)

View Item View Item