Peran Guru Kelas Sebagai Fasilitator Dalam Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Pada Proese Pembelajaran IPAS Kelas IV di MIN 1 Demak Tahun Ajaran 2023

Hanifah, Afnan Nur (2023) Peran Guru Kelas Sebagai Fasilitator Dalam Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Pada Proese Pembelajaran IPAS Kelas IV di MIN 1 Demak Tahun Ajaran 2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (687kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (871kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (369kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1). peran guru kelas sebagai fasilitator dalam meningkatkan karakter rasa ingin tahu peserta didik pada proses pembelajaran IPAS kelas IV di MIN 1 Demak, 2). karakter rasa ingin tahu peserta didik pada proses pembelajaran IPAS kelas IV di MIN 1 Demak, 3). faktor pendukung dan penghambat guru kelas sebagai fasilitator dalam meningkatkan karakter rasa ingin tahu peserta didik pada proses pembelajaran IPAS kelas IV di MIN 1 Demak Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas IV dan siswa kelas IV MIN 1 Demak, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta pengujian keabsahan data berupa uji kredibilitas yakni dilakukan dengan cara trianggulasi, trianggulasi yang dipilih yaitu diantaranya ada trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, trianggulasi waktu, ada juga menggunakan bahan refrensi, dan mengadakan member check. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Data Reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) peran guru kelas sebagai fasilitator di MIN 1 Demak sudah berperan aktif dalam meningkatkan karakter rasa ingin tahu siswa. Hal ini terlihat dari indikator peran guru kelas sebagai fasilitator yang sudah dilaksanakan oleh guru seperti menyedikan perangkat pembelajaran, menyediakan fasilitas pembelajaran, guru juga berusaha bertindak sebagai mitra yang dapat mendampingi siswa dengan baik sehingga siswa merasa nyaman terhadap gurunya, dan guru tidak bertindak sewenang-wenang. 2). Guru mengajarkan materi pada siswa dengan inovasi belajar aktif. Agar guru dapat mendorong sifat keingintahuan siswa dalam setiap penjelasan materi yang diajarkan guru, dan guru selalu menyikapi dengan sabar karakter setiap siswa dan menghargai kemampuan setiap siswa. Siswa kelas IV tergolong sangat aktif dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Karakter rasa ingin tahu yang sudah dicapai siswa kelas IV yaitu: Selalu menelaah informasi maupun ilmu yang didapatkan, Berpikir dinamis dan kritis, dan Selalu menyampaikan pendapat dan mencoba hal baru.3). Faktor pendukung dan penghambat peran guru kelas sebagai fasilitator dalam meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam proses pembelajaran IPAS meliputi faktor pendukungnya yaitu suasana lingkungan sekolah dan kelas, sarana dan prasarana, media dan bahan ajar, sumber belajar, buku paket, modul siswa, dan guru itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu beberapa siswa tidak terlalu aktif dalam pembelajaran, belum memiliki rasa percaya diri untuk menyampaikan rasa ingin tahunya, serta kurang menguasai materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran guru kelas sebagai fasilitator, Meningkatkan karakter rasa ingin tahu
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:41
Last Modified: 28 Dec 2023 06:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11751

Actions (login required)

View Item View Item