Fadlilah, Esti (2016) PELAKSANAAN PROGRAM EVALUASI META OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS MIFTAHUL HUDA BULUNG KULON TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (378kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (390kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (399kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (569kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (536kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (386kB) |
|
Text
09 Daftar Pustaka.pdf Download (384kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mandeskripsikan dan menganalisa tentang: (1) Pelaksanaan program evaluasi meta yang ada di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon. (2) Peningkatan pencapaian standar Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak setelah dilakukan evaluasi meta di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon. (3) Kendala yang dihadapi dan cara mengatasinya dalam pelaksanaan program evaluasi meta di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon. Jenis penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah: (a) Sumber data primer : kepala madrasah, waka kuriulum, guru Aqidah Akhlak dan siswa. (b) Sumber data sekunder : dokumen atau arsip seperti Jadwal Administrasi dan Pembelajaran Guru MTs Miftahul Huda Bulung Kulon Tahun Pelajaran 2015/2016 serata data lain yang mendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pelaksanaan evaluasi meta oleh kepala sekolah di MTs Miftahul Huda Bulung Kulon dilaksanakan satu kali dalam satu tahun pelajaran, yaitu pada semester genap. Evaluasi meta yang dilaksanakan di MTs Miftahul Huda masih sangat sederhana, yaitu dengan cara kepala madrasah melihat dan mengobservasi langsung kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru ketika didalam kelas. 2) Terdapat peningkatan pencapaian KKM siswa sebelum dan setelah dilaksanakan evaluasi meta yaitu dalam mapel Aqidah Akhlak kelas VIII A yang semula terdapat 10 anak yang belum tuntas turun menjadi 1 anak, pada kelas VIII B yang semula terdapat 14 anak yang belum tuntas turun menjadi 2 anak, pada kelas IX B yang semula terdapat 11 anak yang belum tuntas turun menjadi 2 anak, pada kelas IX A yang semula terdapat 11 anak yang belum tuntas turun menjadi 4 anak. 3) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan evaluasi meta ada tiga yaitu waktu, jumlah guru, dan kuarangnya saran, untuk mengatasi kendala tersebut kepala madrasah meminta bantuan kepada waka kurikulum dalam pelaksanaan evaluasi meta, serta memanfaatkan sarana yang sudah ada di madrasah. Kata Kunci : Evaluasi meta, KKM siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 02:38 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 02:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1176 |
Actions (login required)
View Item |