Dampak Positif Dzikir Ratib Al Haddad Terhadap Kondisi Ketenangan Jiwa Pada Mahasiswa Santriwati di Pondok Pesantren El Fath El Islami Ngembalrejo Bae Kudus

Nuroniyah, Farihah Barorotun (2023) Dampak Positif Dzikir Ratib Al Haddad Terhadap Kondisi Ketenangan Jiwa Pada Mahasiswa Santriwati di Pondok Pesantren El Fath El Islami Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (436kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (778kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (845kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (497kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran ganda mahasiswa santriwati di Pondok Pesantren El Fath El Islami Ngembalrejo Bae Kudus dalam konteks jiwa dan akal manusia. Penelitian ini menggambarkan betapa pentingnya ketenangan jiwa yang dihayati melalui membaca dzikir Ratib Al Haddad, yang menjadi bagian dari peran ganda tersebut. Selain itu, penelitian ini menekankan nilai-nilai yang ditekankan di pesantren, termasuk pengetahuan agama, akhlakul karimah, dan keterampilan manajemen waktu. Keberadaan agama, pendidikan, dan spiritualitas dalam kehidupan manusia juga menjadi fokus utama penelitian ini. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2023. Pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling dengan kriteria mahasiswa santriwati aktif semester 4 dan 6, dengan minimal 3 tahun di Pondok Pesantren El Fath El Islami Ngembalrejo Bae Kudus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diverifikasi melalui triangulasi dengan membandingkan data dari berbagai sumber, seperti mahasiswa santriwati, pengasuh pondok, dan pengurus, menggunakan metode yang berbeda. Analisis data melibatkan penguraian unit-unit data, sintesis data, penggabungan data ke dalam pola, dan pemilihan data penting untuk dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa santriwati di Pondok Pesantren El Fath El Islami Ngembalrejo Bae Kudus menghadapi konflik peran ganda yang menyulitkan mereka dalam mengatur waktu dan menyelesaikan masalah. Namun, penerapan dzikir Ratib Al Haddad di pondok pesantren memberikan manfaat positif bagi spiritualitas mahasiswa santriwati, seperti ketenangan hati, ketentraman, kedamaian, dan kenyamanan. Dzikir Ratib Al Haddad yang dilakukan secara rutin memiliki dampak positif pada aspek fisik, psikologi, sosial, dan moral-religius bagi mahasiswa santriwati. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dzikir Ratib Al Haddad memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketenangan jiwa dan kesejahteraan mahasiswa santriwati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmajati, ErinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dzikir Ratib Al Haddad, Ketenangan Jiwa, Mahasiswa Santriwati
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:49
Last Modified: 29 Dec 2023 01:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11762

Actions (login required)

View Item View Item