Analisis Implementasi Prinsip 5C dan 7P dalam Meminimalisir Pembiayaan Murabahah Bermasalah (Studi Pada BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan

Safitri, Silfiana (2023) Analisis Implementasi Prinsip 5C dan 7P dalam Meminimalisir Pembiayaan Murabahah Bermasalah (Studi Pada BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (362kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (806kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (903kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (694kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi prinsip 5C dan 7P yang dilakukan BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan dalam meminimalisir pembiayaan murabahah bermasalah, (2) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi BPRS Gala Mitra Abadi terkait tentang implementasi prinsip 5C dan 7P dalam meminimalisir pembiayaan murabahah bermasalah, (3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan BPRS Gala Mitra Abadi untuk mengatasi kendala-kendala dalam implementasi prinsip 5C dan 7P dalam meminimalisir pembiayaan murabahah bermasalah. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif melalui jenis penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang berbasis data-data lapangan terkait dengan implementasi prinsip 5C dan 7P dalam meminimalisir pembiayaan murabahah bermasalah. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan subjek penelitian yaitu informan yang mengerti secara mendalam tentang pembiayaan murabahah diantaranya Kepala Bagian Marketing, Kepala Bagian Operasional, Marketing, Satuan Kerja Audit Internal dan nasabah pembiayaan murabahah di BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan. Untuk teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BPRS Gala Mitra Abadi dalam mengimplementasikan prinsip 5C dan 7P terhadap calon nasabah yang mengajukan pembiayaan sudah diterapkan dengan baik dan sudah bisa meminimalisir pembiayaan murabahah, akan tetapi belum sepenuhnya maksimal. Hal tersebut bisa dilihat dari nilai NPF pada pembiayaan murabahah dalam kurun waktu 4 tahun terakhir masih belum stabil. Adapun kendala yang dihadapi yaitu 1) kurangnya karyawan marketing, 2) pelatihan terkait analisis pembiayaan sangat kurang 3) Omzet nasabah turun, 4) nasabah sengaja menunda angsuran karena mendahulukan keperluan lain. Untuk itu dalam mengatasi kendala tersebut BPRS Gala Mitra Abadi melakukan beberapa upaya diantaranya: 1) Perekrutan atau penambahan karyawan marketing atau account officer, 2) mengadakan pelatihan terkait analisis pembiayaan minimal satu bulan sekali, 3) melakukan pengawasan secara berkala terhadap usaha nasabah, 4) melakukan penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah secara kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKirom, CihwanulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prinsip 5C dan 7P, Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Bermasalah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Perdagangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:02
Last Modified: 29 Dec 2023 02:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11765

Actions (login required)

View Item View Item