Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Card dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Mata Pelajaran Alquran Hadits di MTs Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara 2022/2023

Khasanah, Auliyaul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Card dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Mata Pelajaran Alquran Hadits di MTs Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (504kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (632kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (635kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (220kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini diantaranya meliputi: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran make a match card dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara dan 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran make a match card dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen dengan metode pre-experimental design dengan desain one-group pretestposttest design, dalam pelaksanaan desain ini hanya terdapat satu kelompok sebagai kelompok eksperimen tanpa adanya kelompok kontrol. Sebelum diberikan perlakuan (treatment) terlebih dahulu akan diberikan pretest, baru kemudian diberikan perlakuan (treatment) berupa penggunaan model make a match card kemudian diberikan posttest. Hasil pembahasan dalam penelitian ini yaitu 1) Penerapan model pembelajaran make a macth card pada mata pelajaran Alquran Hadits di MTs Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara dilaksanakan sesuai dengan RPP dan langkah-langkah model pembelajaran make a match card. 2) Adanya pengaruh model pembelajaran make a match card dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX mata pelajaran alquran hadits di MTs Sultan Fattah Sukosono Kedung Jepara 2022/2023. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000 maka diperoleh kriteria bahwa nilai Sig (2-tailed) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Sedangkan dalam uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana diketahui bahwa nilai taraf signifikansi 0,008 < 0,05 maka signifikan dan memenuhi kriteria serta diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,556 artinya koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif (searah/linier). Dari hasil diatas diketahui adanya pengaruh yang signifikan variabel bebas (model pembelajaran make a match card) terhadap variable terikat (hasil belajar siswa) yaitu sebesar 26,1%, dibuktikan dengan hasil perhitungan nilai korelasi atau hubungan (r) yaitu sebesar 0,510 dengan batasan korelasi 0,40-0,599 yang tingkat korelasinya berarti “Sedang”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran. Make A Match Card. Hasil Belajar.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:21
Last Modified: 29 Dec 2023 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11768

Actions (login required)

View Item View Item