Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Keamanan, Manfaat Dan Risiko Terhadap Penggunaan E-Money Pada Generasi Millennial Di Kabupaten Kudus

Oktafiani, Oktafiani (2023) Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Keamanan, Manfaat Dan Risiko Terhadap Penggunaan E-Money Pada Generasi Millennial Di Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (442kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (671kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (972kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (740kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (721kB)

Abstract

Alat pembayaran telah berkembang dari waktu ke waktu, dimulai dengan alat pembayaran tunai yang terbuat dari logam dan kertas konvensional, sekarang berkembang menjadi bentuk yang lebih praktis seperti alat pembayaran elektronik. E-Money adalah jenis pembayaran elektronik prabayar yang menyimpan uang dan dapat diisi ulang saat saldo habis. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari persepsi kemudahan, fitur layanan, keamanan, manfaat dan risiko terhadap penggunaan e-money. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Objek penelitian ini yaitu generasi millenial di kota Kudus yang berusia 18-25 tahun dengan kriteria mengetahui dan menggunakan e-money. Populasi dalam penelitian ini belum diketahui sehingga menggunakan rumus pendekatan Isac Michel didapatkan sampel sebanyak 97 responden dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian data diolah menggunakan IBM Statistics SPSS Versi 25. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji glejser, uji multikolinieritas), dan hipotesis yakni regresi linier berganda (koefisien determinasi, uji signifikansi parameter simultan (uji f), uji signifikansi parameter parsial (uji t)). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi fitur layanan, persepsi keamanan, persepsi manfaat dan persepsi risiko secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan e-money. Hasil ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 25,228 deingan nilai signifikan (sig.) seibeisar 0,000. Peirbandingan nilai f meinuinjuikkan bahwa nilai Fhituing (25,228) leibih beisar dibandingkan nilai Ftabeil (2,315) dan nilai sig. < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorCahya, Bayu TriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan, Persepsi Fitur Layanan, Persepsi Keamanan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, E-Money
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:25
Last Modified: 08 Jan 2024 03:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item