Analisis Manajemen Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kemanfaatan Harta Wakaf (Studi Kasus Pada Pengurus Majlis Wakaf dan Kehartabendaan Cabang Muhammadiyah Pasuruhan

Yulianti, Amanda (2023) Analisis Manajemen Pengelolaan Wakaf Produktif Dalam Meningkatkan Kemanfaatan Harta Wakaf (Studi Kasus Pada Pengurus Majlis Wakaf dan Kehartabendaan Cabang Muhammadiyah Pasuruhan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (777kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (547kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)

Abstract

Adanya asset wakaf baik berupa barang maupun tanah sangat bermanfaat bagi masyarakat. Fungsi wakaf itu sendiri dapat bermanfaat atau berpotensi dalam segi perekonomian baik dimanfaatkan dalam bentuk ibadah ataupun kemaslahatan umat yang lainnya. Wakaf bisa dikatakan produktif apabila kemanfaatannya berjalan sesuai pada fungsinya atau wakaf bisa dimanfaatkan hingga masa mendatang . Majeilis Wakaf dan Keihartabeindaan adalah seibuiah majeilis yang beirdiri dibawah nauingan Peinguiruis Cabang Muihammadiyah Pasuiruihan, dimana majeilis teirseibuit meimpuinyai tangguing jawab tuigas uintuik meingeilola asseit wakaf yang dimiliki oleih Muihammadiyah Pasuiruihan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif di Majelis Wakaf dan Kehartabendaan Cabang Muhammadiyah Pasuruhan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam uji keabsahan dta menggunkan teknik triangulasi atau teknik sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk Pengelolaan Wakaf Produktif di Majlis Wakaf dan Kehartabendaan Cabang Muhammadiyah Pasuruhan menggunakan sistem sewa tahunan yang meimiliki duia asseit tanah wakaf produiktif yang beiruipa duia beidang tanah peirsawahan. (2) Manjeimein peingeilolaan yang di peigang ataui diguinakan oleih Majeilis Wakaf dan Keihartabeindaan Cabang Muihammadiyah Pasuiruihan meingguinakan prinsip yaitui deingan adanya peireincanaan, peingorganisasian, peilaksanaan, dan peingawasan. Manajemen pengelolaannya yakni mendapatkan hasil dari sewa tahunan dalam masing-masing tanah pertahunnya senilai 2.000.000 tersebut dikelola untuk penyaluran kemanfaatan harta wakaf, ada dua yaitu kesejahteraan guru dan pegawai SD Muhammadiyah Pasuruhan atau diberikan untuk Tunjangan Hari Raya, selain itu juga dsalurkan untuk Amal Usaha Muhammadiyah dalam Amal Usaha Muhammadiyah harta darii hasil asset wakaf tersebut diserahkan kepada Majlis-majlis yang membutuhkan untuk pengembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuhaimin, MuhaiminUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengelolaan Wakaf Produktif, Kemanfaatan Harta Wakaf, Majlis Wakaf dan Kehartabendaan
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat
Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Pemberian > Wakaf
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:01
Last Modified: 23 Jul 2024 04:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11830

Actions (login required)

View Item View Item