Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Audiovisual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI NU Islamiyah Kaliwungu Kudus

Hatiningsih, Suprih (2023) Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Audiovisual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI NU Islamiyah Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (424kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (880kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (648kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana penerapan model Discovery Learning berbantuan Audiovisual pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI NU Islamiyah Kaliwungu Kudus. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan model Discovery Learning berbantuan Audiovisual pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI NU Islamiyah Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, uji confirmasbility, dalam menguji keabsahan data, sedangkan pada analisis data penulis menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penerapan model Discovery Learning berbantuan Audiovisual pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam pelaksanaanya diawali dengan stimulasi kepada semua siswa dengan vidio pembelajaran, dimana guru menyampaikan materi teks cerita fiksi “Tolong dan Terimakasih” lalu guru melakukan tanya jawab dengan siswa yang dibagi secara berkelompok dengan diberi tugas mendiskusikan unsur intrinsik yang ada pada cerita fiksi tersebut lalu siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan guru menyimpulkan hasil diskusi siswa dan materi pembelajaran. Penerapan pembelajaran tersebut dipengaruhi oleh faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukungnya adalah kondisi fisik dan kesehatan siswa, siswa memiliki minat dan motivasi belajar yang tinggi, siswa memperhatikan guru, tenaga pendidik, sarana dan prasarana yang memadai, terjalinya hubungan baik antara guru dengan orang tua siswa. Faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran siswa dan sumber belajar yang belum lengkap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanik, Elya UmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Audiovisual, Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:37
Last Modified: 25 Jul 2024 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

View Item View Item