Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee (Studi Mahasiswa Iain Kudus Prodi Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2018-2020)

Niam, Andika Misbahun (2023) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee (Studi Mahasiswa Iain Kudus Prodi Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2018-2020). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (896kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (889kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (260kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)

Abstract

Di masa sekarang perkembangan teknologi dan komunikasi di dunia semakin meningkat salah satunya yaitu internet, dimana kehadirannya sudah merubah banyak kebiasaan serta kegiatan manusia setiap harinya. Perkembangan internet yang sangat pesat di Indonesia saat ini sangat berdampak pada sektor ekonomi yaitu dalam berbelanja. Shopee merupakan marketplace yang mendapatkan peringkat pertama pengunjung web bulanan tertinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama, untuk mengetahui pengaruh online customer review (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Kedua, untuk mengetahui pengaruh online customer rating (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Ketiga, untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review (X1), Online Customer Rating (X2), terhadap keputusan pembelian (Y) secara simultan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Selanjutnya untuk pendekatannya menggunakan cara kuantitatif dengan pengumpulan datanya berupa angket / kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan statistik. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling dan penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diteliti berdasarkan rumus slovin berjumlah 85 responden, dimana respondennya ialah mahasiswa IAIN Kudus. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang pertama, variabel online customer review (X1) mempengaruhi keputusan pembelian produk di shopee dengan positif serta signifikan, dibuktikan dengan nilai T_hitung > T_tabel yaitu 4,214 > 1,989 dengan signifikansi < 0,05 yakni 0,000 < 0,05. Kedua Variabel Online Customer Rating (X2) mempengaruhi keputusan pembelian produk di shopee dengan positif serta signifikan, dibuktikan dengan nilai T_hitung > T_tabel yakni 3,243 > 1,989 serta signifikansinya bernilai < 0,05 = 0,002 < 0,05. Ketiga, Variabel Online Customer Review (X1) serta Online Customer Rating (X2) dengan bersamaan mampu mempengaruhi keputusan pembelian (Y) Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai F_hitung > F_tabel yaitu 22,752 > 3,11 dan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. Uji R2 diperoleh nilai sebesar 35,7% sedangkan sisanya 64,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMustaqim, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:41
Last Modified: 30 Jul 2024 04:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11858

Actions (login required)

View Item View Item