Niam, Andika Misbahun (2023) Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee (Studi Mahasiswa Iain Kudus Prodi Manajemen Bisnis Syariah Angkatan 2018-2020). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (468kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (896kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (461kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (889kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (260kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (372kB) |
Abstract
Di masa sekarang perkembangan teknologi dan komunikasi di dunia semakin meningkat salah satunya yaitu internet, dimana kehadirannya sudah merubah banyak kebiasaan serta kegiatan manusia setiap harinya. Perkembangan internet yang sangat pesat di Indonesia saat ini sangat berdampak pada sektor ekonomi yaitu dalam berbelanja. Shopee merupakan marketplace yang mendapatkan peringkat pertama pengunjung web bulanan tertinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama, untuk mengetahui pengaruh online customer review (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Kedua, untuk mengetahui pengaruh online customer rating (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Ketiga, untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review (X1), Online Customer Rating (X2), terhadap keputusan pembelian (Y) secara simultan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Selanjutnya untuk pendekatannya menggunakan cara kuantitatif dengan pengumpulan datanya berupa angket / kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan statistik. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling dan penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diteliti berdasarkan rumus slovin berjumlah 85 responden, dimana respondennya ialah mahasiswa IAIN Kudus. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang pertama, variabel online customer review (X1) mempengaruhi keputusan pembelian produk di shopee dengan positif serta signifikan, dibuktikan dengan nilai T_hitung > T_tabel yaitu 4,214 > 1,989 dengan signifikansi < 0,05 yakni 0,000 < 0,05. Kedua Variabel Online Customer Rating (X2) mempengaruhi keputusan pembelian produk di shopee dengan positif serta signifikan, dibuktikan dengan nilai T_hitung > T_tabel yakni 3,243 > 1,989 serta signifikansinya bernilai < 0,05 = 0,002 < 0,05. Ketiga, Variabel Online Customer Review (X1) serta Online Customer Rating (X2) dengan bersamaan mampu mempengaruhi keputusan pembelian (Y) Hasil tersebut dibuktikan dengan nilai F_hitung > F_tabel yaitu 22,752 > 3,11 dan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. Uji R2 diperoleh nilai sebesar 35,7% sedangkan sisanya 64,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2024 04:41 | ||||||
Last Modified: | 30 Jul 2024 04:41 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11858 |
Actions (login required)
View Item |