PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA SENTRA PRODUKSI JENANG DI KABUPATEN KUDUS)

Zakiah, Annisa Eka (2017) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA SENTRA PRODUKSI JENANG DI KABUPATEN KUDUS). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (862kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (869kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (897kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (909kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (870kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (862kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan di sentra produksi jenang di Kabupaten Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengusaha jenang yang ada di Kabupaten Kudus yang berjumlah 102. Sampel yang digunakan berjumlah 81 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 17.0. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi liner berganda untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan tidak signifikan antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja perusahaan pada sentra produksi jenang di Kabupaten Kudus. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh hasil pengujian statistik orientasi kewirausahaan terhadap kinerja perusahaan menunjukkan nilai thitung 1,979 dengan tingkat signifikansi 0,054. Nilai signifikansi menunjukkan bahwa taraf signifikansi tersebut lebih besar dari 0,05. Dengan demikian thitung > ttabel (1,979 > 1,665) yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan dengan hasil statistik diperoleh nilai thitung 2,421 dengan tingkat signifikansi 0,019. Nilai signifikansi menunjukkan bahwa taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian thitung > ttabel (2,421 > 1,665). Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara orientasi kewirausahaan dan pasar terhadap kinerja perusahaan. Hasil statistik Fhitung 22,766 dan nilai Ftabel dari 81 responden sebesar 3,114. Karena Fhitung > dari pada Ftabel (22,766 > 3,114) maka Ho ditolak Ha diterima. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh hasil sumbangan pengaruh variabel orientasi kewirausahaan dan pasar terhadap kinerja perusahaan sebesar 49,2%. Sedangkan sisanya (100% - 49,2% = 50,8%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Kata Kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kinerja Perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Perburuhan > Kondisi karyawan kelaskan disini upah, gaji, pensiun, jam kerja
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Produksi dan Industri
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > Perdagangan
Divisions: Fakultas Syariah > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Jun 2017 03:54
Last Modified: 05 Jun 2017 03:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1186

Actions (login required)

View Item View Item