Peran Guru PGMI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama DI Kehidupan Sehari-hari Pada Kelas IV SD IT Amal Insani Jepara

Azizah, Ika Nur (2023) Peran Guru PGMI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama DI Kehidupan Sehari-hari Pada Kelas IV SD IT Amal Insani Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (409kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (645kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (761kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (684kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (335kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (434kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru alumni PGMI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada kelas IV SD IT Amal Insani Jepara. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari pada kelas IV SD IT Amal Insani Jepara. (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari pada kelas IV SD IT Amal Insani Jepara. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan , yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data-data akan diolah dan dihasilkan bersifat deskriptif. Pemilih memilih lokasi penelitian di SD IT Amal Insani Jepara. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Objek keabasahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru alumni PGMI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari pada kelas IV SD IT Amal Insani Jepara yaitu (a) Dalam pembelajaran, guru menanamkan sikap moderat kepada peserta didik yaittu tidak menekan atau menonjolkan sikap yang radikal dalam beragama, tetapi lebih memberitahu bahwa semua agama itu baik. (b) Guru membiasakan peserta didik untuk bersikap toleransi dan bekerjasama supaya tidak menghina atau mencemooh dalam beragama yang nantinya akan menimbulkan anak itu menjadi tertekan baik dilingkungan sekolah ataupun dirumah. Sehingga agama itu tidak dijadikan dalih untuk hidup tidak tentram. Akan tetapi justru dengan dibiasakan memiliki sikap toleransi dan bekerjasama tersebut menjadikan peserta didik paham dan saling menghargai serta hidup berdamai.(2) Nilai-nilai yaang ditanamkan dalam moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari pada kelas IV SD IT Amal Insani Jepara adalah Tasamuh (Toleransi),Tawassuth (Tengah-tengah), As-syura (Musyawarah), Al-muwathanah (Cinta Tanah Air), I’tiraf al-‘urf (Ramah Budaya), Al-la’unf (Anti Kekerasan). (3) Faktor Pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari pada kelas IV SD IT Amal Insani Jepara, (a) faktor pendukungnya adalah adanya kerjasama antara peran guru dan juga orang tua harus seimbang, dimana guru mengajarkan dan membimbing disekolah, dan pastinya nanti akan dilaporkan kepada para wali murid sehingga para wali murid bisa membimbing dan juga mendampingi anaknya ketika dirumah. (b) Faktor penghambatnya yaitu masih kurangnya perhatian dari orang tua, sehingga menjadikan anak untuk bersikap keras, dan untuk itu sikap guru di sekolah adalah memaklumi hal tersebut dan juga memberi pengertian dan arahan yang lebih ektra lagi pada anak anak tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulthon, SulthonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru PGMI, Nilai-nilai Moderasi Beragama, Kehidupan Sehari-hari
Subjects: 200 Agama > 201.5 Hubungan Antaragama
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:47
Last Modified: 31 Jul 2024 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11880

Actions (login required)

View Item View Item