Aulia, Zakiyatul (2023) Penerapan model Double Loop Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains IPA IV MI Muhammadiyah 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (165kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (274kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (552kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (294kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (463kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (223kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (288kB) |
Abstract
Model pembelajaran Double Loop Problem Solving adalah variasi model pembelajaran yang berbasis pemecahan masalah yang berpusat pada penyebab dari permasalahan yang dihadapi. Melalui model pembelajaran Double Loop Problem Solving peserta didik diberi kesempatan untuk berpola pikir dan perilaku dan membangun karakter manusia untuk peduli, tanggung jawab pada dirinya, masyarakat, alam semesta dan pada masalaha yang dihadapi masyarakat modern saat ini. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui strategi model Double Loop Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan literasi sains IPA IV MI Muhammadiyah 2 Kudus, (2) untuk mengetahui keberhasilan penerapan model Double Loop Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan literasi sains IPA IV MI Muhammadiyah 2 Kudus, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan model Double Loop Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan literasi sains IPA IV MI Muhammadiyah 2 Kudus. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reseach) merupakan jenis penelitian kualitatif , disebut penelitian kualitatif dikarenakan sumber data utama yang didapatkan guna menjawab dari rumusan masalah yang ada dilapangan. Pada studi ini, peneliti mengkaji problematika bagaiamana penerapan model Double Loop Problem Solving untuk meningkatakan kemampuan literasi sains IPA IV MI Muhammadiyah 2 Kudus. Dalam realitas pembelajaran yang sudah dilakukan dengan model Double Loop Problem Solving untuk meningkatakan kemampuan literasi sains IPA di kelas IV. Mencetak siswa dalam memecahkan permasalahan dengan konsep sains, mengenal produk teknologi dan dapat memeliharanya dan kreatif dalam menciptkan produk teknologi. Dalam proses pembelajaran dengan model Double Loop Problem Solving untuk meningkatakan kemampuan literasi sains juga melatih untuk berpikir dan bertindak kritis dalam menyelesaikan masalah dengan kemajuan berpikir, inti yang ingin diterapkan model Double Loop Problem Solving untuk meningkatakan kemampuan literasi sains IPA. Hasil studi yang didapatkan adalah dari penerapan model Double Loop Problem Solving untuk perkembangan pola pikir dan perilaku peserta didik dalam membangun karakter yan peduli, bertanggung jawab pada dirinya, masyarakat, alam semesta dan pada masalah yang dihadapi pada zaman sekarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran IPA, Double Loop Problem Solving, Literasi Sains | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 02:21 | ||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 02:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11882 |
Actions (login required)
View Item |