Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training untuk Mereduksi Bullying Di MTs NU Miftahul Ulum Kudus

Rukmana, Noora (2023) Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training untuk Mereduksi Bullying Di MTs NU Miftahul Ulum Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (650kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (812kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (700kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (913kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (396kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: Pertama untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok di MTs NU Miftahul Ulum Kudus. Kedua untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok teknik assertive training untuk mereduksi bullying di MTs NU Miftahul Ulum Kudus, dan yang Ketiga untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi bullying di MTs NU Miftahul Ulum Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 90 orang dimana terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing 45 orang dengan jumlah pertemuan untuk kelompok eksperimen sebanyak 4 kali sedangakan untuk kelompok kontrol sebanyak 2 kali. Pada pertemuan pertama kelompok eksperimen diberikan kuisioner pretest bullying setelah oriemtasi. Dan untuk pemberian posttest diberikan setelah pertemuan keempat. Teknik pengambilan sampelnya berdasarkan kategori bullying sisiwa. Subjek penelitian ini adalah peserta didik MTs NU Miftahul Ulum Kudus dengan kategori bullying yang bervariatif. Dan desain penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menujukan bahwa konseling kelompok teknik assertive training ini dilakukan 4 kali. Dalam pelaksanaan kegiatan konseling kelompok, siswa memiliki antusias tinggi dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Pengumpulan data menggunakan uji T-Test dengan hasil 0,000 artinya < 0,05 dimana penelitian ini menunjukan bahwa pemberian layanan konseling kelompok teknik assertive training evektif untuk mereduksi bullying siswa dari kategori cukup menjadi rendah (62,78 menjadi 28,18) di MTs NU Miftahul Ulum Kudus. adapun faktor yang mempengaruhi bullying ialah faktor keluarga, faktor teman sebaya, faktor lingkungan sekolah dan faktor media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyawan, David AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Kelompok, Teknik Assertive Training, Bullying
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:30
Last Modified: 31 Jul 2024 02:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11883

Actions (login required)

View Item View Item