Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learnig) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika kelas II di MI Baitul Mukminin Jati Kudus Tahun Pelajaran 2023

Naharin, Shilfiyan (2023) Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learnig) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika kelas II di MI Baitul Mukminin Jati Kudus Tahun Pelajaran 2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (396kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (408kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil dari penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas II A MI Baitul Mukminin Jati Kudus. Agar dapat mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitarif eksperimen dalam bentuk pre-experimental design dengan desain One-group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II A MI Baitul Mukminin. Pengambilan sampelnya berjumlah 31 siswa dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan instrument pretest posttest, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning) untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas II A di MI Baitul Mukminin Jati Kudus mengalami peningkatan, dapat dilihat dari tabel pemahaman konsep dan nilai siswa dan bagaimana siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh peneliti. Hal tersebut dapat dilihat dari uji hipotesis peningkatan pemahaman konsep matematika siswa materi satuan berat dengan perhitungan SPSS versi 21, diperoleh hasil data yaitu signifikansi 0.012 < 0.05 artinya maka Ho ditolak dan Ha diterima. Perolehan pretest 7,48 dan posttest yaitu 8,42 jadi pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan sebanyak 0,94.Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat berbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa pada pretest dan posttest. Dengan demikian penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas II A MI Baitul Mukminin jati Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran (Direct Learning), Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:06
Last Modified: 05 Aug 2024 04:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11912

Actions (login required)

View Item View Item