Analisis Kualitas Produk dan Ragam Harga Dalam Meningkatkan Penjualan Batu Bata di UD Berkah Jaya Jepara

Insia, Zahrotul (2023) Analisis Kualitas Produk dan Ragam Harga Dalam Meningkatkan Penjualan Batu Bata di UD Berkah Jaya Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (969kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (622kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) kualitas produk dan ragam harga dalam meningkatkan penjualan batu bata di UD Berkah Jaya Jepara, 2) kendala dalam meningkatkan penjualan batu bata di UD Berkah Jaya Jepara, dan 3) Solusi dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan penjualan batu bata di UD Berkah Jaya Jepara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research)dan studi kasus dengan teknik pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer bersumber dari informan kunci, yaitu: 1) Penjual, 2) Pembeli, dan 3) Agen UD Berkah Jaya Jepara. Sementara data sekunder melalui informasi dokumentasi. Teknik pengumpulan data: (1) wawancara; (2) observasi; dan (3) dokumentasi. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulai teknik, dan triangulasi waktu. Teknik análisis data yang meliputi: (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data, dan (3) Verifikasi. Uji kredibilitas data meliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kualitas produk dalam meningkatkan penjualan batu bata di UD Berkah Jaya Jepara yaitu: a) Bebas cacat, b) Memiliki suara keras bila diketuk yang menandakan bahwa kualitasnya baik, c) Seragam dalam ukuran dengan sudut tajam dan tepi yang rata, d) Warna batu bata UD Berkah Jaya merah atau kemerahan yang menunjukkan berkualitas baik. Sementara dilihat dari ragam harga, batu bata UD Berkah Jaya Jepara harganya terjangkau sesuai dengan kualitas batu batanya, pembayaran pembeli batu batu dilakukan dengan cash, dan pembeli yang membeli batu bata dalam jumlah banyak maka akan mendapat potongan harga. Dalam penjualannya dijual melalui agen, langsung kepada konsumen. Untuk meningkatkan volume penjualan dilakukan dengan promosi baik dari mulut ke mulut maupun media online. 2) Kendala dalam meningkatkan penjualan batu bata di UD Berkah Jaya Jepara meliputi: hujan, ketersediaan stok batu bata, harga, Pengrajin batu bata yang semakin bertambah dan adanya proyek di bidang bangunan. 3) Solusi dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan penjualan batu bata di UD Berkah Jaya Jepara adalah dengan menetapkan harga batu bata kepada pembeli sesuai dengan kualitas, serta selalu mengedepan sikap ramah terhadap semua pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, JaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Ragam Harga, Penjualan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:20
Last Modified: 08 Aug 2024 08:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11925

Actions (login required)

View Item View Item