Implementasi Media Pembelajaran Kantong Doraemon dalam meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Kelas 2 di MI NU Al Khurriyah 02

Elina, Elok Nuria Sofa (2023) Implementasi Media Pembelajaran Kantong Doraemon dalam meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Kelas 2 di MI NU Al Khurriyah 02. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (377kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (595kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mendeskrispikan cara perencanaan dalam menyusun media pembelajaran doraemon dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada kelas 2 di MI NU Al Khurriyah 02. 2. Untuk mendeskrispikan implementasi penggunaan media pembelajaran doraemon dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada kelas 2 di MI NU Al Khurriyah 02. 3. Untuk mendeskrispikan keefektifan media pembelajaran doraemon dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada kelas 2 di MI NU Al Khurriyah 02. Penelitian pada skripsi ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif. Lalu data dalam penelitian ini didapatkan sumber dari data primernya berasal dari lapangan yakni mendapatkan sumber data secara langsung dari kepala madrasah MI NU Al Khurriyah 02, guru kelas 2 MI NU Al Khurriyah 02, dan peserta didik kelas 2 MI NU Al Khurriyah 02 melalui wawancara dan observasi/pengamatan. Sedangkan data sekunder didapatkan melalui beberapa dokumen lembaga sekolah yang berisi sejarah berdirinya MI NU Al Khurriyah 02, letak geografis sekolah, data pendidik, data peserta didik, struktur organisasi dan sarana prasarana yang ada di MI NU Al Khurriyah 02 serta RPP dari mata pelajaran Matematika. Pengujian keabsahan data menggunakan uji transferabilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas dan uji kreadibilitas data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, mengembangkan kecermatan dalam penelitian, dan triangulasi . Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), sajian data (data display), dan simpulan data ( data conclusion). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MI NU Al Khurriyah 02 telah menerapkan media pembelajaran Kantong Doraemon pada mata pelajaran Matematika kelas 2 yang sangat bermanfaat dan membantu pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran Kantong Doraemon ini telah menunjukkan keefektifan dan keefisien yang jelas, yang berarti media ini dapat diandalkan sebagai media yang mumpuni dalam pembelajaran. Prestasi belajar peserta didik meningkat dapat dibuktikan melalui kognitif peserta didik naik terbukti dengan adanya peserta didik yang mampu menghitung lebih cekatan dari pembelajaran sebelumnya dengan menggunakan media pembelajaran Kantong Doraemon. Bukan hanya itu, afektif peserta didik juga bertambah yakni peserta didik sangat antusias dan mempunyai minat ketika melihat gambar media Kantong Doraemon dan psikomotor peserta didik terlihat yakni mereka berebut untuk menjawab pertanyaan dari pendidik karena merekan tertarik ingin mencoba dengan media pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran Kantong Doraemon, meningkatkan prestasi belajar, Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Aug 2024 06:55
Last Modified: 12 Aug 2024 06:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item