Implementasi Pembelajaran PBL Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Dikik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati)

Mas’udi, Ali (2023) Implementasi Pembelajaran PBL Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Dikik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (786kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (716kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (942kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)

Abstract

Kurangnya peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran merupakan salah satu masalah yang terjadi pada pembelajaran Fikih dewasa ini dan mengakibatkan rendahnya daya serap peserta didik. Untuk itu perlu adanya transformasi model pembelajaran yang inovatif seperti pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan model pendekatan masalah. Konsep dasar dibangunnya pembelajaran berbasis masalah untuk memecahkan dan menyelesaikan suatu masalah. Sehingga dalam proses tersebut menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dalam menghadapi semua persoalan. Karena pada era sekarang keterampilan tersebut harus dikuasai. Penelitian ini bertujuan: 1). Menganalisis implementasi pembelajaran PBL berorientasi HOTS pada peserta didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X MA Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati.; 2). Mengetahui apakah pembelajaran PBL berorientasi HOTS pada Pada Mata Pelajaran Fikih kelas X MA Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.; 3). Mengetahui kekuarangan dan kelebihan pembelajaran PBL berorientasi HOTS pada peserta didik Pada Mata Pelajaran Fikih kelas X MA Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan Metode penelitiannya menggunakan teknik analisis mendalam (in-depth analysis). Dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode dalam pengumpulan data menggunakan: 1) metode observasi digunakan untuk memperoleh data langsung dari lapangan tentang pelaksanaan pembelajaran Fikih di Madrasah aliyah Madarijul Huda; 2) metode wawancara guna memperoleh data tentang pendapat mengenai model pembelajaran PBL berbasis HOTS pada mata pelajaran Fikih, pengembangannya serta sejauh mana penerapannya sehingga menumbuhkan keterampilan berpikir kritis peserta didik; 3) metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan madrasah, jumlah siswa, sarana dan prasarana sekolah dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Madarijul Huda dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 2) penerapan model pembelajaran PBL berbasis HOTS pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Madarijul Huda memiliki kontribusi terhadap peningkatan berpikir kritis peserta didik; 3) ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam model pembelajaran PBL berbasis HOTS di Madrasah Aliyah Madarijul Huda.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, IhsanUNSPECIFIED
Thesis advisorJalil, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fikih, pembelajaran PBL berbasis HOTS, Berpikir kritis
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:16
Last Modified: 14 Aug 2024 04:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item View Item