Fu'adilah, Noor (2023) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Negeri Demak 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (363kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (371kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (478kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (697kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (545kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (694kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (371kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui upaya kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Negeri Demak. (2) Untuk memaparkan apa saja faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Negeri Demak. (3) Untuk mendeskripsikan apa saja yang menjadi penghambat bagi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Negeri Demak. (4) Untuk mengetahui bahaimana peran kepala sekolah dalam mengatasi masalah yang muncul. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu digunakan untuk meneliti suatu objek yang sifatnya alamiah yaitu peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibility. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan pengumpulan data, data reduction, data display, conlusion drawing/verification, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Upaya Kepala Sekolah dalam menjalankan perannya sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Demak sudah berjalan dengan baik. (2) Faktor pendukung kepala sekolah sebgai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Demak, yakni input siswa yang bagus karena di MAN Demak ini seleksi ketat diberlakukan saat penerimaan peserta didik baru oleh karenanya tidak sedikit prestasi yang sudah diraih oleh MAN Demak, faktor pendukung yng kedua yaitu sebagian besar guru sudah berstatus PNS, status madrasah yang negeri memberikan keleluasaan dalam hal pendanaan. (3) Faktor penghambat kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Negeri Demak yaitu kurangnya jadwal pelatihan teknis peningkatan kompetensi bagi tenaga pengajar serta kurangnya koordinasi antar bidang. (4) Peran kepala sekolah dalam menangani masalah yang muncul, dalam menangani masalah kepala sekolah melakukn koordinasi terhadap bidang yang terkait, seperti pada bidang tata usaha, wakil kepala dalam bidang kurikulum, sarana prasarana, bidang pelayanan, dan yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Supervisor, mutu Pendidikan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2024 02:00 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2024 02:00 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11981 |
Actions (login required)
View Item |