Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Bullying Peserta Didik Kelas VIII Mts NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus

Fauziah, Jian (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Bullying Peserta Didik Kelas VIII Mts NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (299kB)

Abstract

Dalam sebuah pendidikan fenomena yang sering terjadi adalah bullying, bullying terjadi saat seseorang (pelaku) menganggap dirinya lebih tinggi, lebih unggul dari yang lainnya. Fenomena bullying sudah sering terjadi dilingkungan sekolah baik secara sadar ataupun tidak. Ketidaksadaran ini yang membuat fenomena bullying terasa dianggap remeh dilingkungan manapun termasuk disekolah. Bullying tersebut sangat berpengaruh terhadap si korban baik secara psikis maupun sosialnya, bullying ini perlu diminimalisir dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan terutaman dilingkungan sekolah. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap bullying peserta didik kelas VIII MTs NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus. Populasinya yaitu kelas VIII yang berjumlah satu kelas, sampelnya berjumlah 25 siswa dengan teknik nonprobability sampling jenis quota sampling dengan kemudian data dikumpulkan dengan instrument pernyataan dan dokumentasi. Pelaksanaan ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan metode pretest-postes control group design yang kemudian Metode analisisnya adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji independen sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing Terhadap bullying siswa kelas VIII MTs NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus, yaitu dibuktikan dari uji hipotesis hasil bullying siswa dengan menggunakan perhitungan SPSS Versi 26, didapatkan signifikansi 0, 000, sedangkan nilai α adalah 0, 05. Dapat dinyatakan bahwa 0, 000 < 0, 005. Artinya, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai awal pretest adalah 196,93 dan nilai akhir posttest adalah 64,93. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkatan bullying siswa sebelum di terapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing (pretest) dan setelah di terapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing (posttest). Dari pernyataan tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing Terhadap bullying peserta didik Kelas VIII Mts NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyawan, David AriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, Kelompok, Teknik, Role-Playing, Bullying
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:05
Last Modified: 16 Aug 2024 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11999

Actions (login required)

View Item View Item